4 Cara Menata Meja Tamu Agar Terlihat Lebih Cantik

Meja tamu adalah salah satu furnitur yang kehadirannya menjadi sangat penting di ruang tamu. Selain sebagai tempat meletakkan berbagai benda seperti vas bunga, atau makanan serta minuman untuk jamuan bagi tamu, meja tamu juga menjadi furnitur yang kehadirannya melengkapi furnitur lainnya seperti sofa ruang tamu. Tak jarang, meja tamu juga bisa dijadikan aksen pemanis ruangan dengan modelnya yang unik.

Namun kehadiran meja tamu di ruang tamu akan lebih terlihat manis apabila ditata dengan tepat. Berikut beberapa cara menata meja tamu yang bisa kalian terapkan di rumah.

1. Posisikan Dekorasi Meja Tamu Dengan Seimbang

Membuat tampilan meja tamu terlihat lebih manis dapat dilakukan salah satunya dengan cara meletakkan berbagai dekorasi atau hiasan meja tamu di atasnya. Dekorasi seperti vas bunga, tanaman hias mini, taplak meja, atau majalah merupakan beberapa yang umum diletakkan di atas meja tamu. Namun kalian juga harus memperhatikan komposisi dekorasi yang akan diletakkan di atas meja tamu. Atur peletakkan atau posisi segala dekorasi meja agar meja tamu terlihat lebih rapih.

Misalnya, kalian bisa meletakkan taplak meja dan vas bunga atau tanaman hias mini. Jika dirasa sudah cukup, maka jangan menambahkan dekorasi meja lainnya. Penambahan dekorasi meja tamu juga harus disesuaikan dengan ukuran meja tamu. Jangan meletakkan terlalu banyak dekorasi pada meja tamu dengan ukuran yang kecil atau meja tamu minimalis, karena meja tamu akan nampak terlalu penuh dan tidak cantik.

2. Pusatkan Dekorasi Di Tengah Untuk Meja Tamu Berbentuk Bulat

Untuk meja tamu dengan bentuk bulat, sebaiknya kalian meletakkan benda ataupun dekorasi meja tamu di tengah-tengah. Hal ini ditujukan agar meja tamu terlihat lebih rapih. Beberapa dekorasi meja yang bisa kalian letakkan pada meja tamu berbentuk bulat adalah vas bunga dengan ukuran yang tidak terlalu tinggi atau tanaman hias mini seperti succulent.

Meja tamu berbentuk bulat sangat cocok ditempatkan pada ruang tamu minimalis ataupun di sudut ruangan sebagai meja kopi. Saat ini sudah banyak hadir meja tamu bulat dengan berbagai jenis, ada meja tamu bulat dengan penampang kaca dan ada pula meja tamu bulat dengan penampang kayu.

3. Gunakan Nampan Atau Baki Untuk Meletakkan Benda

Agar meja tamu terlihat lebih rapih dan tertata, kalian juga bisa menggunakan nampan atau baki untuk meletakkan berbagai benda seperti majalah, lilin hias, atau tanaman hias. Pilihlah nampan atau baki dengan bentuk yang unik, agar meja tamu terlihat lebih cantik dan estetik.

Ketika menata benda di dalam nampan tau baki meja ruang tamu, tidak perlu semua benda diletakkan di dalam baki. Pilih beberapa benda saja yang sekiranya muat dan seimbang apabila ditempatkan di dalam nampan atau baki.

4. Gunakan Book Organizer Dengan Model Yang Unik

Tak jarang majalah atau buku-buku juga menjadi dekorasi yang umum diletakkan di meja tamu. Agar lebih terlihat rapih dan enak dipandang mata, tata majalah dan buku-buku dengan menggunakan book organizer atau penahan buku. Pilihlah book organizer atau penahan buku dengan model dan bentuk yang unik sehingga bisa kalian gunakan juga sebagai aksen pada meja tamu.