Lemari tentu saja menjadi salah satu perabotan penting di setiap tempat tinggal. Hampir semua peralatan rumah tangga memang disimpan dalam lemari, mulai dari pakaian, alat masak, peralatan makan, buku-buku, sampai benda-benda hobi. Bisa dibilang lemari adalah salah kebutuhan penting dalam kehidupan sehari-hari karena fungsinya menampung semua barang-barang tersebut agar tidak berantakan. Zaman dulu, biasanya lemari terbuat dari kayu tebal dan berbentuk besar dengan ukiran-ukiran sehingga cukup sulit untuk dipindahkan dan juga makan tempat. Seiring dengan perkembangan zaman, lemari masa kini terbuat dari bahan yang lebih ringan dengan design simpel dan tidak terlalu makan tempat lagi. Namun, tetap saja lemari menjadi salah satu perabotan yang sulit dipindahkan apabila pemiliknya akan membawanya pindah rumah karena perlu minimal dua orang untuk memindahkan lemari sehingga cukup menyusahkan. Bagi yang belum memiliki hunian pribadi dan masih menyewa, beres-beres barang dan pindahan ke tempat lain begitu masa sewa habis merupakan salah satu kegiatan yang cukup memakan waktu dan tenaga.

Akhirnya tercetuslah ide menggunakan lemari portable untuk apartemen, kos, atau kontrakan karena lemari portable lebih ringan dan mudah diangkut sehingga tidak sulit membawanya saat pindahan nanti. Berikut ada beberapa pilihan lemari portable untuk apartemen yang bisa dipertimbangkan. Tahukah Anda kalau sekarang sudah ada lemari portable kayu yang bisa dengan mudah dibongkar pasang? Lemari-lemari ini sudah didesign agar para pemakainya bisa dengan mudah membongkar dan memasangnya lagi saat diperlukan. Saat beres-beres bersiap untuk pindahan, lemari tinggal dibongkar dan dipasang lagi dengan mudah saat sudah tiba di hunian baru. Bagi yang senang merakit lego atau permainan merakit lainnya, pasti kegiatan merakit lemari ini merupakan hal yang mudah. Untuk peralatan, setidaknya Anda hanya perlu menyediakan obeng saja, tak perlu sampai repot-repot membawa paku dan palu untuk memasangnya. Cocok untuk berada di urutan pertama lemari portable untuk apartemen karena lebih kokoh dan kuat dibandingkan lemari portable lain yang akan dibahas di bawah ini. Tak perlu khawatir designnya akan terkesan murahan. Beberapa design seperti pada gambar di atas terkesan elegan, lho!

Karena sering digunakan untuk kamar anak, lemari portable plastik biasanya menggunakan desain yang lebih cocok untuk anak seperti gambar kartun atau hewan-hewan lucu. Namun, perlu diperhatikan juga untuk tidak meletakkan barang-barang yang terlampau berat seperti televisi karena strukturnya tidak akan cukup kuat. Untuk perawatan lemari plastik juga mudah saja, cukup dilap dengan kain basah agar debu-debu yang menempel terangkat semua. Banyak yang bertanya-tanya, apakah lemari dari kain akan cukup kuat untuk menampung barang-barang di dalamnya? Lemari kain biasanya menggunakan besi untuk kerangkanya dan papan kayu atau plastik tebal untuk alas sekatnya, kain digunakan sebagai penutup sisi-sisinya agar terlindung dari debu. Sebagai pintunya, ada lemari kain yang model restleting atau cukup dibuka biasa saja. Jadi tidak perlu khawatir lemari ini tidak cukup kuat selama kalian juga tidak melebihi batas bebannya. Karena materi utamanya terbuat dari kain, lemari ini jadi lebih mudah juga untuk dibongkar pasang. Cukup buka kain penutupnya, membongkar kerangka dan kayu alas, lalu dipasang lagi di tempat tujuan.