Ketika bekerja, kita membutuhkan perangkat pendukung yang ada di meja. Hanya saja, ada beberapa benda yang sebenarnya tidak perlu ada. Apa sajakah?

Di kantor, meja kerja bisa dibilang adalah “rumah” temporer bagi pegawai. Selain untuk mengerjakan tugas dan proyek, meja juga kadang dijadikan tempat beristirahat dan dihiasi perangkat agar pegawai betah dan nyaman. Tapi meja dan kubikel pegawai tetaplah bagian dari lingkungan kerja; tidak semua hal boleh ditempatkan kalau ingin tetap tampak profesional. Jika ada satu atau beberapa benda ini di meja Anda, segeralah berbenah.

  1. Brosur dan kartu nama

Kadang kala, Anda mendapat brosur atau flyer atau kartu nama di beberapa acara yang kemudian Anda tinggalkan di meja kantor. Mungkin Anda berpikir, siapa tahu suatu hari butuh. Tapi jika sudah berbulan-bulan tidak pernah Anda sentuh lagi, buang saja.

  1. Tumpukan post-it

Post-it memang efisien dan praktis untuk menjadi pengingat tugas atau janji. Tapi seringkali, mereka dibiarkan menempel atau berserakan bahkan jika sudah tidak lagi dibutuhkan, hingga yang ada, mereka malah membuat meja Anda tampak berantakan. Begitu jadwal yang tertera di post-it sudah lewat, langsung dibuang agar tidak bertumpuk.

  1. Perangkat higien

Kuku yang tampak tidak rapi atau ada sisa makanan yang terasa terselip di sela gigi memang menyebalkan. Tapi bagaimanapun juga, jangan sekali-sekali menggunting kuku atau flossing gigi di meja kerja. Selain membuat rekan kerja lain jengah, potongan kuku bisa tersebar di meja atau lantai. Sekalian saja jangan tempatkan di meja agar Anda tidak tergoda untuk melakukannya. Larangan ini juga berlaku untuk kebiasaan menyisir rambut atau memperbaiki riasan wajah.

  1. Terlalu banyak aksesori

Supaya meja kerja terkesan personal dan tak membosankan, Anda mungkin berinisiatif menempatkan satu atau beberapa aksesori untuk memperindah penampilan meja. Tapi jika dekor Anda melimpah ruah hingga Anda tidak punya ruang untuk meletakkan dokumen atau kesulitas mencari sesuatu, kurangi hingga tinggal satu atau dua saja.

  1. Makanan sisa

Kopi yang tinggal setengah atau nasi bungkus yang tak habis kadang sayang untuk dibuang. Mungkin nanti kalau mendadak lapar lagi bisa dimakan, bukan? Kalau memang begitu, simpan dulu ke kontainer tertutup. Terutama jika Anda makan di meja kerja, makanan sisa yang dibiarkan terbuka begitu saja bisa mengundang serangga dan berisiko menimbulkan pertumbuhan jamur di meja.