Partisi ruang atau room divider merupakan suatu bidang yang digunakan untuk memisahkan atau menyekat satu ruangan dengan ruang yang lainnya tapi tidak secara permanen. Hal ini bertujuan agar partisi bisa dipindah sewaktu-waktu membutuhkan ruangan yang luas untuk acara keluarga maupun lainnya. Karena sifatnya yang praktis dan tingkat fungsionalnya tinggi, kini banyak orang memilih menggunakan partisi sebagai pengganti dinding permanen. Selain sebagai penyekat ruang, partisi juga berfungsi sebagai aksen dekoratif untuk mengkonsep interior seperti backdrop sehingga keberadaanya membuat kesan ruangan lebih hidup, kesan kosong dapat dihindari dengan hadirnya backdrop tersebut.

1. Partisi Ruangan Minimalis.

2. Partisi Ruangan Berbentuk RakBiasanya memiliki bentuk yang lebih sederhana, sesuai dengan prinsip minimalisme itu sendiri. Tampilannya pun terbilang unik dan artistik menjadikannya sebagai elemen tambahan yang mempercantik ruangan. Selain itu partisi minimalis juga tidak akan menyita banyak tempat. Selain berfungsi sebagai pembatas, partisi berbentuk rak bisa menambah fungsionalitas dan keartistikan suatu ruangan. Anda bisa mengisi rak dengan buku, foto, maupun pajangan. Dengan begitu barang-barang dapat terorganisir dengan baik dan rapi. Partisi ruangan berbentuk rak dibuat dengan banyak varian, bentuk, motif, serta beragam bahan. Mulai dari berbentuk kotak, bulat, bahkan dengan bentuk yang terkesan tanpa aturan.

3. Partisi Ruangan Fleksibel. Partisi geser atau lipat bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang menginginkan pembatas yang mudah dipindah atau digunakan di ruangan lain. Desainnya yang ramping memungkinkan untuk menciptakan area-area baru di sudut ruang. Selain itu, partisi ruangan ini bisa dilipat dan disimpan sehingga kegunaannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

 4. Partisi Ruangan dengan Cermin atau Kaca. Bagi Anda yang memiliki ruangan sempit bisa mensiasatinya dengan menggunakan partisi susunan bentuk geometri yang terbuat dari metal dan diberi tambahan cermin. Kehadiran cermin akan membuat ruangan sempit terlihat lebih luas dan lega.

5. Partisi Ruangan dengan Tirai Dekoratif. Pemanfaatan tirai atau gorden sebagai partisi ruangan sangat cocok bagi Anda yang ingin meminimalisir budget. Tirai atau gorden tidak hanya memberikan kesan simple namun elegan.