5 Cara Menata Meja Makan Minimalis Untuk Berbuka Puasa Bersama

5 Cara Menata Meja Makan Minimalis Untuk Berbuka Puasa Bersama

Kurang lebih satu bulan lagi, bulan pernuh berkah akan kembali datang menyapa. Momen istimewa yang sangat dinanti oleh kaum muslim di seluruh dunia. Dan berbuka bersama keluarga menjadi saat yang ditunggu- tunggu setiap yang menjalankan puasa.

Tentunya buka puasa bersama keluarga ini bukanlah sesuatu yang biasa saja sebab itu Anda harus mempersiapkan semuanya dengan matang. Tidak hanya soal makanan dan minuman yang dihidangkan, Anda juga perlu memikirkan soal konsep menata meja makan minimalis sebab tidak dapat dipungkiri bahwa meja makan yang tertata rapi dapat meningkatkan mood dan nafsu makan.  Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menata meja makan minimalis di rumah Anda agar tampak menarik dan hangat.

Source: thepropdispensary.com

1. Pilih Peralatan Makan Terbaik

Bisa dikatakan, keluarga merupakan orang-orang terdekat dan terpenting dalam hidup Anda. Karena itu, Anda harus memperlakukannya secara istimewa. Caranya bisa dengan banyak hal, bahkan dengan memilih peralatan makan terbaik pada waktu berbuka puasa. Sendok, garpu, dan piring yang Anda gunakan bisa diambil dari koleksi yang jarang dipakai. Selain sebagai perlakuan istimewa, peralatan makan yang cantik dipercaya bisa membuat rasa masakan lebih lezat.

Source: designpost interiors

2. Hias Meja Makan Minimalis Anda

Konsep meja makan minimalis memang cenderung simpel. Akan tetapi, tidak ada salahnya menghias meja makan minimalis Anda. Lapisi meja makan dengan taplak atau beri alas di tiap piring dan gelas agar tampak menawan. Selain mempercantik tampilan meja makan minimalis Anda, taplak dan alas makan bisa mencegah dan mengurangi kemungkinan meja menjadi kotor karena ketumpahan makanan. Selain kedua benda tersebut, Anda pun bisa menambah rangkaian bunga dalam vas ataupun lilin hias untuk semakin membuat suasana meja makan terasa hangat.

Source: down east magazine

3. Tata Makanan dengan Teratur

Jika peralatan makan sudah oke dan meja pun sudah dihias secara baik, kini saatnya Anda mulai mengatur makanan yang akan ditaruh di atas meja makan minimalis keluarga Anda. Untuk keluarga kecil, ukuran meja makan minimalis Anda biasanya tidak terlalu besar. Sebab itu, pastikan jangan meletakkan seluruh masakan Anda di atasnya sehingga tampilannya tampak penuh. Gunakan wadah yang tidak terlalu besar dan atur sejajar agar ruang untuk makan tiap orang tidak terganggu.

4. Sandingkan dengan Furnitur Minimalis Lain

Saat berbuka puasa, biasanya yang berada di atas meja makan adalah menu utama atau biasa dikenal dengan istilah ‘makan besar’.  Sedangkan takjil seperti kue-kue maupun jenis minuman penyegar lain biasanya dipisahkan dan dlietakkan di tempat yang berbeda. Pilihlah furniture minimalis lain yang memiliki permukaaan datar hingga bisa digunakan sebagai pelengkap meja makan Anda.

5. Curi Perhatian dengan Benda Bernilai Emosional

Jika memang Anda ingin membuat banyak bahan obrolan, tidak ada salahnya loh menaruh furnitur minimalis khusus untuk semakin menarik perhatian orangtua maupun mertua yang Anda undang berbuka bersama. Rak Brandt Shelft yang berbentuk tetris dengan banyak ruang di dalamnya bisa menjadi tempat memajang foto-foto keluarga besar atau saat Anda dan keluarga berlibur. Hal simple yang dapat membangkitkan kembali kenangan indah dan menjadi topik obrolan menyenangkan yang dapat mempererat kembali ikatan keluarga.

Source: pinimg.com