1 Menenangkan Diri

Tarik nafas yang dalam dan beri diri sendiri waktu tenang begitu Anda tiba di tempat kerja. Seringkali kesibukan dan hiruk pikuk sepanjang commuting tidak memberi Anda cukup ruang untuk benar-benar mengalihkan pola pikir dari personal mode ke work mode. Membiarkan diri Anda rileks sejenak akan membantu transisi Anda untuk meninggalkan problema pribadi dan berkonsentrasi pada kewajiban profesional Anda.

2 Merapikan Meja Kerja

Jika di hari sebelumnya Anda terburu-buru meninggalkan tempat kerja dan tidak sempat beres-beres, mulailah hari Anda dengan kanvas yang bersih. Manfaatkan waktu luang di pagi hari untuk merapikan meja Anda, dengan begitu, Anda nanti tidak akan kebingungan dan menghabiskan waktu kerja berharga mencari dokumen atau post-it yang ditinggalkan kolega di meja Anda.

3 Membuat To Do List

Daftar tugas dan prioritas akan membantu Anda fokus dan teratur dalam menyelesaikan kewajiban Anda dalam sehari. Pagi hari umumnya adalah waktu ketika Anda mudah bersemangat dan motivasi Anda ada di puncaknya, jadi manfaatkan periode ketika niat Anda masih berapi-api ini dengan mengidentifikasi tugas tersulit atau yang paling menguras tenaga dan jadikan itu hal pertama yang harus Anda selesaikan. Anda akan merasa jauh lebih produktif dan terpacu untuk mencapai goal harian Anda begiitu Anda berhasil menyelesaikan satu tugas yang Anda anggap sulit itu.

4 Membalas Pesan Penting

Kuncinya di sini adalah hanya membaca pesan yang benar-benar menjadi prioritas atau setidaknya hanya merespon pesan bersifat profesional, baik itu email, IM, atau akun social media Anda. Bukan berarti Anda tidak boleh membaca dan membalas pesan pribadi, namun jika tidak terkontrol, aktivitas ini akan menyita waktu dan mengacaukan jadwal kerja rapi yang telah Anda susun. Lebih baik jadikan korespondensi personal Anda sebagai kegiatan santai di waktu senggang untuk melepas stress.

5 Berjalan-jalan Sekeliling Kantor

Jika Anda tidak sempat berolahraga sebelum menuju tempat kerja, Anda bisa menggunakan sedikit waktu yang Anda miliki untuk be. Jangan meremehkan aktivitas fisik ringan! Sehari penuh duduk di kubikel Anda memiliki efek negatif seperti tubuh pegal, kecenderungan obesitas, dan lainnya. Sambil berjalan-jalan, selipkan sedikit gerakan stretching melemaskan otot yang kaku dan melancarkan peredaran darah. Lebih baik lagi jika Anda juga terpapar sinar matahari pagi untuk meraup suntikan vitamin D alami.