Hari kerja baru saja dimulai, tapi Anda sudah membahayakan kesehatan diri sendiri (dan mungkin Anda tidak menyadarinya). Berikut beberapa kebiasaan kecil yang berakibat negatif bagi kesehatan, yang sering Anda lakukan. Mesti dihindari, nih!

1 Menyentuh wajah

Menurut National Institute of Health, orang menyentuh wajah mereka sendiri rata-rata sebanyak empat kali setiap jamnya. Masalahnya, meja kerja menjadi sarang bakteri ratusan kali lebih banyak daripada dudukan toilet di kantor Anda. Menyentuh wajah oleh tangan yang sebelumnya diletakkan pada meja meningkatkan risiko Anda menjadi sakit, termasuk membuat wajah berjerawat.

2 Jarang beranjak dari kursi

Selain meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, diabetes, stroke, hingga kematian, ada juga penelitian yang menyatakan tambahan duduk setiap jam per hari meningkatkan risiko kelumpuhan sebanyak 50%.

3 Menggosok mata

Mata yang sering digosok terkait dengan muncul penyakit bernama keratoconus, yaitu proses melemah dan menipisnya kornea, menyebabkan kebutaan. Selain itu, jika Anda menggunakan lensa kontak, gosok mata membuat benda tersebut terselip ke bagian belakang bola mata.

4 Meja kerja berantakan

Meja kerja yang rapi mendorong Anda membuat keputusan lebih baik daripada yang mejanya berantakan. Otak Anda akan bekerja lebih teratur di meja yang teratur pula.

5 Menahan kencing

Sesekali menahan kencing mungkin tidak masalah. Namun, bila menjadi kebiasaan demi menyelesaikan pekerjaan menyebabkan timbulnya penyakit infeksi kandung kemih serta melemahkan otot untuk menahan (kontrol) keinginan kencing Anda.