Pekerjaan merupakan hal wajib yang harus dilakukan manusia untuk memperoleh uang maupun karir untuk sukses, namun terkadang sebuah pekerjaan bisa menjadi hal yang sangat membosankan. Tidak sedikit orang yang merasa jenuh saat bekerja, hal tersebut dikarenakan beberapa alasan seperti partner kerja yang kurang sepaham, suasana yang gaduh dan tidak nyaman, hingga tampilan ruangan yang monoton. Desain interior kantor sebenarnya merupakan hal yang penting untuk menciptakan keadaan yang nyaman saat bekerja. Selain menimbulkan rasa jenuh, penataan ruang yang semrawut dan tidak beraturan juga bisa membuat akurasi pekerjaan terganggu. Sehingga untuk memperlancar pekerjaan penting adanya desain yang tepat dalam menata ruang kerja maupun kantor. Saat ini model interior kantor yang sedang banyak diminati adalah model minimalis. Konsep minimalis banyak dipakai sebab sifatnya fleksibel dan mudah untuk diaplikasikan dalam tema apapun, juga tidak membosankan. Bagi Anda yang ingin mendesain ruangan kantor sebaiknya kenali terlebih dahulu tema apa yang ingin Anda terapkan agar tercipta suasana nyaman seperti keinginan Anda.

Semua orang akan merasa nyaman saat berada di rumahnya sendiri, oleh sebab itu pemilihan desain kantor yang seperti rumah sendiri bisa membawa kenyamanan saat bekerja. Untuk menciptakan suasana rumah Anda bisa menaruh kursi antik model sedan dengan sandaran di ruang tamu kantor, fungsi dari kursi ini agar tamu merasa nyaman dan lebih mudah terbuka untuk mengemukakan keinginan klien. Konsep bangunan modern biasanya identik dengan tingkat kerumitan ornament namun berbeda dengan konsep modern yang diaplikasikan pada ruangan minimalis. Semua bagian nampak jelas, mulai dari dinding kaca, struktur bangunan yang ditampilkan dari rangka baja, desain, juga besar ruangan serta furniture yang membuat aktivitas bekerja lebih efektif. Tanaman besar seperti pohon dan bambu yang berada di luar akan membuat kesan asri disetiap ruangan. Seorang arsitektur menggunakan konsep gudang yang diaplikasikan untuk interior kantor, hal tersebut dimaksudkan sebagai perlambangan ide-ide dalam gudang pemikiran kreatif seseorang. Tampilan ornament dibuat seperti box container yang menggambarkan keleluasaan bekerja. Area istirahat dirancang senyaman mungkin dengan menggunakan bean bag serta langit-langit dari teralis yang dibuat rendah, tidak ketinggalan bohlam warna kuning yang juga bersifat menghangatkan ruangan. Berbeda dengan konsep rumah dalam kantor, desain kantor untuk rumah tentu harus mengkondisikan ruangan agar lebih efektif lagi.

Tingkat kesulitan yang dihadapi untuk membuat desain ini biasanya adalah pemisahan area kantor yang sifatnya publik dengan area rumah yang lebih privasi. Beberapa orang secara cerdik memanfaatkan garasi rumah dengan dekorasi ruangan seadanya mengaplikasikan finishing kasar menggunakan material alami. Kelebihan dari konsep desain interior kantor yang satu ini adalah efisiensi tempat yang semakin bertambahnya jaman lahan semakin sempit. Dalam menciptakan nuansa alam pada area bekerja perlu adanya beberapa unsur yang memperkuat tampilan interior alami. Bisa berupa ornament maupun furniture berupa kayu balok dan batang kayu besar yang juga berfungsi untuk tempat duduk. Penataan lampu dan sistem pencahayaan yang digunakan tidak semata-mata hanya untuk mempercantik tampilan ruangan saja namun juga untuk membuat ruangan berkesan nyaman serta tenang sehingga pekerja akan merasa enak saat lembur. Seperti itulah konsep-konsep desain interior kantor yang bisa Anda terapkan agar terasa nyaman saat bekerja. Perasaan nyaman saat bekerja tentu akan membuat pekerjaan menjadi optimal. Nah, silahkan pilih rekomendasi konsep desain kantor di atas sesuai dengan selera.

Dengan menerapkan warna natural seperti coklat kayu, kuning emas, hijau daun serta warna tanah akan lebih memperkuat suasana klasik yang begitu natural namun terasa kental. Desain interior kantor berikutnya adalah bertema ventura atau yang lebih dikenal dengan nama victoria. Desain tema ventura merupakan produk Eropa yang sangat digemari para designer. Ventura menonjolkan ruangan dengan pencahayaan sangat baik yang berasal dari lampu temaram maupun lilin. Warna yang dapat Anda aplikasikan untuk ruangan kantor adalah warna merah tua, hijau tua dan juga warna emas. Dengan menambahkan permadani di atas lantai juga mampu membuat kesan mewah dan elegan pada ruangan dengan tema victoria ini. Jika pada desain tema klasik harus dihindari, maka untuk tema Victoria ini justru warna netral paling banyak dieksplorasi. Jika Anda menginginkan kantor berdesain retro, Anda bisa memilih warna-warna cerah atau shocking seperti orange, biru dan merah. Selain itu motif geometris yang dikombinasikan dengan desain modern juga dapat menjadi alternative dalam pengembangan desain kantor bertema retro.

Nah untuk elemen dekorasinya terlihat pada pemilihan dan penempatan aksesoris ruangan seperti lampu, lukisan, vas bunga, dan juga bingkai foto yang akan memberikan suasana yang nyaman atau cozy. Sedangkan untuk pemilihan lampu, Anda bisa menggunakan lampu vintage untuk member kesan dramatis. Desain interior kantor berikutnya bergaya bohemian. Bohemian sendiri merupakan wujud kebebasan, tampil modern dan dilengkapi koleksi warna lembut. Selain itu, bohemian juga identik dengan khas kaum gipsy yakni kaum nomaden karena tidak suka menetap dalam suatu tempat dalam jangka waktu yang lama. Gaya bohemian kini hadir karena adanya ketidak teraturan dan ketidakpastian. Awalnya desain ini dibuat dengan spontan dengan memanfaatkan benda-benda yang ada. Hingga kini desain ini justru banyak digunakan orang berkat hasil tampilan yang memanjakan mata. Coastal merupakan desain interior yang biasa disebut dengan nautical. Selain itu, coastal ini juga identik dengan suasana pantai yang behubungan dengan matahari, ombak dan pasir. Semua itu dipercaya akan mampu memberikan Anda inspirasi untuk mengerjakan seluruh tugas kantor yang banyak menumpuk.