Banyak hal yang akan mempengaruhi kinerja kita saat berkerja di kantor, seperti lingkungan kerja dan juga teman kerja. Selain itu, ternyata cara kita menata meja kerja bisa jadi salah satu faktor yang mempengaruhi pekerjaan,simak beberapa tips berikut ini untuk menata meja kerja, supaya kerja makin fokus dan terasa menyenangkan.

1. Menjaga Kerapian dan Kebersihan

Secara tidak langsung, meja kerja yang berantakan dan tidak beraturan dapat mempengaruhi mood dan fokus dalam bekerja. Selain membuat mood bagus dalam bekerja, meja kerja yang bersih dan rapi juga bisa membuat kita lebih mudah dalam bekerja. Apalagi kalau suka ngemil sambil kerja, jangan biarkan sampah atau sisa makan dibiarkan begitu saja di atas meja kerja. Lebih baik segera dibuang ke tempat sampah, atau sediakan tempat sampah dekat dengan meja. Luangkan waktu dan lakukan secara rutin untuk merapikan dan membersihkan meja kerja. Kebersihan meja kerja pasti juga akan berpengaruh dengan kesehatan.

2. Singkirkan Barang-Barang yang Tidak Diperlukan

Meja kerja seharusnya menjadi tempat menaruh barang-barang yang berhubungan dengan pekerjaan saja. Jangan sampai Anda memenuhi meja kerja dengan barang-barang yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan. Kalau meja kerja terlihat penuh, maka coba secara rutin memisahkan barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Buang atau bawa pulang barang-barang tersebut ke rumah.

3. Memasang Pajangan dan Hiasan Secukupnya

Meja kerja sudah bersih dan rapi, tetapi masih saja tidak bersemangat dalam berkerja? Mungkin Anda perlu menambahkan beberapa hiasan atau pajangan di atas meja kerja sebagai penambah semangat. Hal yang perlu diperhatikan adalah pasang hiasan secukupnya di atas meja kerja. Misalnya, foto orang terkasih atau bisa juga Anda pajang tanaman atau bunga dengan pot mini. Kalau sudah memutuskan hiasan atau pajangan yang akan kita taruh di atas meja kerja, yang harus diperhatikan juga adalah penataannya. Jangan sampai hiasan atau pajangan tersebut malah bisa mengalihkan konsetrasi Anda dalam bekerja dan memenuhi meja kerja.