1 Minimalisir Barang yang Tidak Perlu

Coba lihat kembali meja kerja Anda! Apakah semua barang yang ada di atas meja kerja Anda merupakan barang-barang yang memang sering Anda pakai atau bahkan terdapat barang yang sebenarnya jarang sekali Anda gunakan. Pastikan bahwa benda yang Anda letakkan di atas meja kerja adalah benda yang memang penting dan selalu Anda gunakan.

2 Kelompokkan Barang Sesuai Fungsinya

Untuk membuat meja kerja menjadi rapi dan memudahkan aktivitas Anda dalam pekerjaan, Anda perlu memisahkan barang berdasarkan fungsinya. Misalnya Anda bisa membaginya dengan beberapa kategori berikut :

3 Rapikan Dokumen Anda!

Jika pekerjaan Anda membutuhkan banyak dokumen dalam pengerjaannnya, Anda harus menyisihkan waktu untuk menata dokumen-dokumen tersebut. Gunakan map arsip untuk menyimpan dokumen pekerjaan Anda. Anda juga bisa memberi tab atau label pada dokumen untuk mengelompokkan dokumen pada kategori-kategori tertentu. Hal ini akan memudahkan Anda dalam proses pencarian dokumen yang diperlukan, sehingga Anda tak perlu banyak memakan waktu untuk menemukan satu dokumen, karena semuanya sudah terorganisir dengan rapi.

4 Letakkan Tempat Sampah di Dekat Meja Kerja Anda

Letakkan tempat sampah di dekat meja kerja Anda, sehingga tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak membuang sampah pada tempatnya. Atau jika tidak ingin memakan tempat lebih banyak, Anda bisa meletakkan tempat sampah pada kolong meja kerja Anda. Hal ini akan memudahkan Anda untuk membuang sampah lebih tertib dan meja kerja yang rapi pasti akan dapatkan.

5 Gulung Kabel dengan Rapi

Perhatikan sarana kerja yang Anda gunakan! Kebiasaan yang paling sering yang menjadi penyebab meja kerja menjadi tidak rapi adalah kabel-kabel dari sarana kerja yang Anda gunakan. Kabel monitor, mouse, keyboard, dll. Seringkali terurai begitu saja pada meja Anda. Sebaiknya kabel yang panjang dapat Anda gulung saja, agar terlihat lebih ringkas dan tidak banyak memakan tempat pada meja kerja Anda. Gulunglah seminimalis mungkin, maka meja kerja Anda akan bisa tampak lebih luas daripada sebelumnya.

6 Bersihkan Meja Setiap Selesai Digunakan

Membersihkan meja setiap kali selesai digunakan memang terdengar hal yang sepele. Tapi, percayalah pada praktiknya tidak semua orang bisa selalu konsisten melakukan hal ini. Padahal jika Anda selalu melakukan hal ini, maka tampilan meja kerja yang selalu terjaga dengan rapi tidak mustahil untuk Anda dapatkan. Selain itu, dengan melakukan hal ini akan memudahkan tanggung jawab kebersihan meja kerja yang lebih berat di kemudian hari karena sebelumnya Anda telah membersihkannya secara rutin. Selain itu, meja kerja yang bersih akan menambah kenyamanan Anda dalam bekerja dan akan membuat Anda menjadi lebih produktif.