Langkah Pertama Keluarkan sementara barang-barang dan dokumen Anda yang terdapat di lemari tersebut. Simpanlah sementara di tempat aman lainnya hingga lemari besi arsip Anda telah siap untuk digunakan kembali. Hal ini dilakukan agar Anda bisa mengetahui sisi mana saja dari lemari besi arsip tersebut yang berdebu, dan juga memperhatikan kondisi dibagian dalam lemari. Jika Anda merasa hal ini hanya buang-buang waktu dan merupakan pekerjaan yang berat, maka Anda harus berusaha membuang jauh-jauh pikiran tersebut. Selain Anda bisa membersihkan lemari dengan mudah, mengeluarkan dokumen Anda dari lemari besi arsip bisa memberikan kesempatan untuk Anda melakukan evaluasi ulang terhadap dokumen-dokumen yang Anda simpan nantinya.

Langkah Kedua Setelah mengeluarkan semua benda yang ada di dalam lemari besi arsip, Anda sudah bisa mulai melakukan pembersihan. Jika Anda memiliki Vacuum Cleaner, maka gunakanlah selang vakum untuk menghilangkan kotoran dan debu yang ada di dalam lemari besi arsip. Jika Anda tidak memiliki vacuum Cleaner, bisa menggunakan kemoceng dan lap kering untuk membersihkan tahap awal.

Langkah Ketiga Jika Anda sudah lama menggunakan Lemari besi arsip dan jarang dibersihkan, maka sangat mungkin untuk menemukan bintik-bintik karat pada tubuh lemari besi arsip Anda. Salah satu cara untuk menyingkirkan bintik-bintik karat ini adalah menggosok lemari dengan lembut menggunakan steel wool (alat pembersih yang terbuat dari lapisan baja). Membersihkan karat mungkin bukan hal yang mudah. Jika Steel Wool tidak cukup berguna untuk membersihkan karat tanpa merusak tubuh lemari Anda, maka Anda bisa mengunakan trik lainnya seperti menggunakan baking soda dan Air, atau Aluminum foil. Ada begitu banyak cara lain untuk menghilangkan karat yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di Internet.

Langkah Keempat Jika Anda telah selesai melakukan tiga langkah diatas, saatnya Anda membersihkan keseluruhan lemari besi arsip dengan menggunakan kain bersih atau spon dan air sabut hangat. Usap dan bersihkan secara merata lemari besi arsip baik di bagian dalam maupun luar. Perhatikan di setiap sudut, celah atau gagang pintu dan laci lemari besi arsip yang memungkinkan untuk terjadi penumpukan debu di sana.

Langkah Kelima Keringkan lemari besi arsip Anda dengan kain bersih lainnya. Jika Anda ingin menghemat waktu, Anda bisa menggunakan hair dryer untuk membantuk mengeringkan setiap sudut dan celah agar lebih cepat kering. Ada baiknya setelah kering, Anda bisa memoleskan lapisan lilin yang biasanya digunakan untuk mobil pada lemari besi Anda, dan keringkan kembali. Tahap ini tidak diharuskan, namun jika Anda melakukannya maka ini akan melindungi Lemari besi arsip Anda dari pengkaratan dan mempermudah Anda saat membersihkan lemari di waktu berikutnya. Pastikan lemari Anda benar-benar kering dan tidak lembab sebelum memasukan kembali barang-barang Anda.

Langkah keenam Setelah Lemari besi arsip Anda benar-benar kering, Anda sudah dapat memasukan kembali dokumen-dokumen Anda. Tidak hanya sekedar memasukannya lagi, tapi ini adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk mengevalusi ulang semua dokumen yang Ada. Buang atau robeklah semua dokumen yang sekiranya sudah tidak Anda butuhkan lagi. Tahapan yang satu ini sudah pasti akan memhabiskam banyak waktu namun dengan melakukan evaluasi ulang dokumen, Anda mungkin bisa menemukan kembali dokumen yang hilang atau yang terlupa. Keuntungannya, Anda bisa mendapatkan sedikit ruang bebas dari lemari besi arsip Anda yang mungkin sebelumnya sudah terlalu menumpuk. Oleh karena itu, saat Anda berencana membersihkan Lemari Besi Arsip, carilah waktu dimana Anda memiliki waktu luang yang cukup panjang atau Anda memiliki seseorang yang bisa membantu agar pekerjaan ini menjadi lebih cepat. Bersihkan Lemari besi arsip Anda paling tidak sekali dalam setahun.