Ketika suatu hari kebetulan Anda datang agak pagi ke kantor, berapa menit yang Anda punya sampai waktunya memulai kerja? 30 menit? 15 menit? 10 menit? Ya, Anda punya cukup waktu untuk mempraktekkan beberapa kebiasaan ini sebelum mulai bekerja di pagi hari. Semua kegiatan ini tidak akan terlalu menyita waktu dan memastikan agar hari Anda penuh produktivitas dan relatif bebas stress.

1. Menenangkan Diri

Tarik nafas yang dalam dan beri diri sendiri waktu tenang begitu Anda tiba di tempat kerja. Seringkali kesibukan dan hiruk pikuk sepanjang commuting tidak memberi Anda cukup ruang untuk benar-benar mengalihkan pola pikir dari personal mode ke work mode. Membiarkan diri Anda rileks sejenak akan membantu transisi Anda untuk meninggalkan problema pribadi dan berkonsentrasi pada kewajiban profesional Anda.

2. Merapikan Meja Kerja

Jika di hari sebelumnya Anda terburu-buru meninggalkan tempat kerja dan tidak sempat beres-beres, mulailah hari Anda dengan kanvas yang bersih. Manfaatkan waktu luang di pagi hari untuk merapikan meja Anda, dengan begitu, Anda nanti tidak akan kebingungan dan menghabiskan waktu kerja berharga mencari dokumen atau post-it yang ditinggalkan kolega di meja Anda.

3. Membuat To Do List

Daftar tugas dan prioritas akan membantu Anda fokus dan teratur dalam menyelesaikan kewajiban Anda dalam sehari. Pagi hari umumnya adalah waktu ketika Anda mudah bersemangat dan motivasi Anda ada di puncaknya, jadi manfaatkan periode ketika niat Anda masih berapi-api ini dengan mengidentifikasi tugas tersulit atau yang paling menguras tenaga dan jadikan itu hal pertama yang harus Anda selesaikan. Anda akan merasa jauh lebih produktif dan terpacu untuk mencapai goal harian Anda begiitu Anda berhasil menyelesaikan satu tugas yang Anda anggap sulit itu.

4. Membalas Pesan Penting

Kuncinya di sini adalah hanya membaca pesan yang benar-benar menjadi prioritas atau setidaknya hanya merespon pesan bersifat profesional, baik itu email, IM, atau akun social media Anda. Bukan berarti Anda tidak boleh membaca dan membalas pesan pribadi, namun jika tidak terkontrol, aktivitas ini akan menyita waktu dan mengacaukan jadwal kerja rapi yang telah Anda susun. Lebih baik jadikan korespondensi personal Anda sebagai kegiatan santai di waktu senggang untuk melepas stress.

5. Berjalan-jalan Sekeliling Kantor

Jika Anda tidak sempat berolahraga sebelum menuju tempat kerja, Anda bisa menggunakan sedikit waktu yang Anda miliki untuk be. Jangan meremehkan aktivitas fisik ringan! Sehari penuh duduk di kubikel Anda memiliki efek negatif seperti tubuh pegal, kecenderungan obesitas, dan lainnya. Sambil berjalan-jalan, selipkan sedikit gerakan stretching melemaskan otot yang kaku dan melancarkan peredaran darah. Lebih baik lagi jika Anda juga terpapar sinar matahari pagi untuk meraup suntikan vitamin D alami.

6. Sarapan

Hanya karena Anda harus segera bekerja bukan berarti Anda harus mengorbankan meal terpenting dalam satu hari ini. Sarapan yang bergizi akan memberi asupan energi yang Anda butuhkan untuk beraktivitas. Melewatkan sarapan mengakibatkan kadar gula darah Anda menjadi rendah. Efek yang langsung terasa adalah badan lemas dan cepat ngantuk sementara imbasnya di sisi lain adalah kurangnya nutrisi untuk otak Anda. Para ilmuwan juga menyatakan bahwa sarapan mempengaruhi kemampuan seseorang untuk berkonsentrasi dan kemampuan otak untuk menyimpan informasi dan memori. Pilih menu sarapan yang bergizi untuk menikmati efek positifnya di sepanjang hari.

7. Merefleksikan Karier dan Hidup

Punya sedikit waktu ekstra untuk duduk dan menikmati ketenangan kantor di pagi hari? Coba lakukan introspeksi diri harian. Sebagai contoh, Anda bisa melirik kebiasaan pagi Steve Jobs. Beliau punya kebiasaan untuk bercermin setiap pagi dan menanyakan pada dirinya sendiri: “Jika hari ini adalah hari terakhir dalam hidup saya, apakah saya ingin melakukan apa yang ingin saya lakukan hari ini?” Menurut beliau, bila Anda terus menjawab “Tidak” berturut-turut selama beberapa waktu, maka mungkin sudah saatnya Anda melakukan hal lain. Kira-kira apa jawaban Anda hari ini?