Tidak hanya sebagai tempat menyimpan pakaian saja, namun juga dapat digunakan sebagai dekorasi ruang. Tapi terkadang, memilih lemari pakaian yang sesuai tidaklah mudah. Karena selain tampilan desain, banyak hal yang mesti dipertimbangkan. Apalagi jika ukuran kamar tidak terlalu besar alias sempit. Pastinya kita membutuhkan trik khusus agar lemari tersebut tidak memenuhi luas kamar tidur. Sebab, lemari yang terlalu besar hanya akan membuat kamar menjadi lebih sumpek, loh. Jadi, biar kamu tidak salah pilih, berikut ini Seruni punya beberapa trik sederhana yang bisa kalian terapkan. Trik yang pertama adalah mengukur luas area yang nantinya akan digunakan untuk menaruh lemari. Bukan hanya panjang dan lebarnya saja, namun perkirakan pula tinggi lemarinya. Bisa saja nanti kamu ingin meletakkan perkakas di atasnya. Jika kamu sudah menemukan ukuran yang pas, barulah pertimbangkan desain lemarinya. Ada beragam jenis lemari pakaian yang bisa kamu pilih. Namun, Seruni sarankan untuk kamu memilih lemari yang bisa dibongkar pasang. Tujuannya untuk menghindari lemari tidak muat ketika dimasukkan ke dalam kamar. Saat ini sudah banyak loh model lemari kayu yang bisa dibongkar pasang. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi membeli lemari pakaian yang kecil dan pendek karena kapasitasnya sudah tentu sedikit.

Jumlah orang di dalam kamar menjadi pertimbangan penting dalam memilih lemari untuk kamar sempit, loh. Kalau kamu tinggal sendirian, tak perlu memilih lemari dengan tiga pintu. Lain halnya jika kamar ditempati orang dua orang, maka kamu bisa memilih lemari pakaian dengan sekat atau pintu terpisah. Dengan adanya sekat, nantinya akan mempermudahmu dalam mencari baju dan tidak tercampur dengan orang lain. Ketika memilih, jangan lupa untuk mengecek sekat penahan yang ada di dalamnya, ya. Apakah terlalu tipis atau sudah cukup untuk digunakan sebagai pembatas. Kalau kualitas sekat lemari baju bagus, maka kalian tidak perlu keluar biaya lagi untuk memperbaiki sekat penahan yang lepas. Memiliki banyak sekat atau ruang yang berbeda sesuai dengan fungsinya merupakan salah satu tips memilih lemari pakaian di kamar yang sempit. Misalnya, pilih lemari baju yang terdapat ruang untuk menggantungkan kemeja atau jas. Setidaknya usahakan terdapat minimal 2 (dua) kabinet atau laci yang digunakan untuk menyimpan aksesoris pakaian agar tidak tercecer. Pada umumnya, lemari pakaian akan membutuhkan sedikit ruang agar memudahkan pintu untuk dibuka.

Namun, tidak pada lemari dengan pintu geser yang tidak harus ada ruang di depannya. Sebab, pintu geser akan tetap bisa dibuka. Biasanya, lemari jenis ini kerap digunakan pada kamar minimalis berukuran 3×4. Dengan memilih lemari dengan pintu geser, kamarmu akan terkesan elegan tanpa membuat ruangan menjadi sumpek. Pemilihan warna juga harus dipertimbangkan, karena dapat mempengaruhi estetika dalam kamar. Usahakan pilihlah warna yang cocok dengan desain kamar tidurmu. Seperti warna-warna yang netral. Selain itu, sebisa mungkin warna lemari juga diserasikan dengan berbagai perabotan yang ada di dalam kamar. Kenapa sih harus memilih lemari dengan cermin di bagian pintu? Karena selain lebih fungsional, juga bisa kamu gunakan saat berhias diri. Apalagi, lemari dengan cermin juga akan membuat kamar yang sempit tampak lebih luas. Hal ini karena cermin di lemari dapat memantulkan benda di hadapannya yang membuat ilusi ruangan tampak lebih besar. Kehadiran cermin di lemari tentu akan membuatmu jauh lebih hemat juga. Selektiflah dalam memilih bahan baku furniture, ya. Karena terdapat beberapa pilihan bahan dalam membuat lemari pakaian. Di antaranya seperti kayu, plastic, atau bahan partikel. Bahan-bahan tersebut memilih kelebihan serta kekurangannya masing-masing pl. Selain itu, pilihlah lemari dari segi harga, biasanya lemari pakaian dengan bahan plastik tentu lebih murah. Perawatan lemari pakaian bahan plastik juga lebih mudah. Namun untuk segi keawetan, lemari dengan bahan plastik tidak dapat diandalkan. Secara tampilan, bahan plastik juga tidak elegan jika dipandang. Terlebih sebagai pelengkap perabot rumah minimalis, lemari pakaian dengan bahan plastik sepertinya kurang cocok karena tidak dapat berpadu dengan perabot lain serta komposisi ruangan. Jangan hanya mencari lemari yang banyak gantungannya saja, tapi pertimbangkan juga untuk memilih lemari dengan sekat atau rak penyimpanan sesuai kebutuhanmu. Selain bisa menyimpan banyak pakaian, lemari model ini juga akan membuat bajumu jadi lebih rapi. Apalagi jika kamu bisa menata dan memisahkan pakaian sesuai bentuk dan fungsinya. Memilih lemari pakaian yang tepat memang bukanlah hal yang mudah, apalagi jika memiliki kamar tidur yang sempit. Namu setidaknya, beberapa trik yang telah Seruni sebutkan di atas, bisa dijadikan sebagai panduan dalam menemukan lemari yang cocok.

Sedangkan, pada saat pakaian dilipat vertikal dan disusun rapi di dalam laci, maka akan lebih mudah terlihat dan saat diambil pun pakaian tetap tersusun dalam keadaan rapi. Laci juga sebaiknya ditempatkan pada bagian dalam furniture penyimpanan yang paling mudah dijangkau sehingga penggunaannya lebih praktis. Selain laci penyimpanan, ketersediaan area storage tambahan seperti rak khusus untuk menyimpan sepatu atau bumbu dapur juga dapat melengkapi fungsi dari furnitur penyimpanan ini. Dalam lemari pakaian, rak untuk sepatu tidak harus tersusun secara vertikal, laci yang dipasangi pipa-pipa logam juga dapat dimanfaatkan sebagai rak sepatu. Sementara untuk lemari dapur, keberadaan rak bumbu dapat membantu menjaga kerapihan dalam penyimpanan peralatan dapur. Bumbu yang sebaiknya disimpan di dalam toples kaca atau plastik sangat bervariasi jenisnya sehingga sangat memakan tempat penyimpanan. Dengan adanya rak bumbu dapur, penyimpanannya bisa dikelompokkan sesuai jenisnya sehingga sangat membantu Anda saat memasak nantinya. Pada akhirnya, jenis material yang paling menentukan kualitas desain lemari tersebut.

Apakah lemari yang hanya digunakan untuk menyimpan pakaian, atau juga barang lain seperti sepatu dan tas. Dengan mengetahui apa yang anda butuhkan, anda bisa memilih lemari yang sesuai keinginan. 2. Selain sesuai kebutuhan, pastikan ukuran lemari sesuai dengan luas kamar anda. Jangan pilih lemari yang terlalu besar di kamar yang berukuran kecil atau sedang karena akan membuat kamar jadi sempit. Dan hindari memilih lemari terlalu kecil untuk kamar yang besar, karena akan terlihat aneh di kamar anda. 3. Agar sesuai dengan desain kamar anda, pilih lemari dengan desain minimalis modern. Desain ini cenderung lebih simpel dan cocok untuk semua desain kamar tidur. Namun anda juga bisa memilih desain klassik jika kamar anda mengusung tema klassik. Biasanya lemari pakaian dengan tema klassik memiliki ukuran yang besar dan memakan banyak tempat. 4. Selain desain, warna lemari juga penting. Sangat tidak menarik jika kamar tidur anda berwarna biru, namun anda memilih lemari pakaian berwarna kuning atau hijau.

Sebaiknya untuk lemari pakaian, pilih warna netral seperti hitam atau coklat tua karena dua warna ini cenderung cocok untuk semua warna lainnya. 5. Material atau bahan lemari juga penting karena ini akan menentukkan kualitas lemari tersebut. Untuk material, yang paling awet adalah material plastik. Namun anda juga bisa memilih lemari yang terbuat dari kayu. Sebaiknya pilih kayu jati, karena jenis kayu ini tahan lama dan anti rayap. Nah itu dia beberapa tips memilih lemari pakaian. Banyak orang sering asal-asalan dalam memilih lemari pakaian. Dan sekilas lemari pakaian ini terlihat sama. Namun setiap lemari memiliki desainnya sendiri. Dan berikut ini 50 Desain Lemari Pakaian Minimalis! Berkonsultasi mengenai desain lemari minimalis kepada interior desainer sebenarnya merupakan pilihan yang bijak, karena selain dapat memperoleh desain yang apik, juga dapat mengurangi biaya yang disebabkan oleh berbagai hal seperti kesalahan pemilihan bahan, pelapis, desain, dan ukuran. Banyak orang berpikir bahwa mempekerjakan jasa interior desain dalam membuat lemari pakaian minimalis akan menguras biaya lebih banyak, pada kenyataannya justru sebaliknya. Interior desainer akan memberikan estimasi biaya yang dikeluarkan sesuai dengan Rancangan Anggaran Biaya yang disepakati sejak awal. Jadi tidak ada biaya tidak terduga, biaya kesalahan pembuatan, dan lain sebagainya. Interior desainer menjunjung tinggi profesionalitas jadi tidak ada salahnya mencoba bukan? Selain itu bahan yang digunakan sudah pasti bahan yang berkualitas dan tidak mudah rusak. Tidak hanya itu, Anda juga dapat berkonsultasi mengenai perombakan desain kamar tidur yang sesuai dengan lemari pakaian minimalis Anda. Dengan melihat 50 Desain Lemari Pakaian Minimalis diatas, paling tidak anda akan memiliki gambaran, desain lemari pakaian seperti apa yang anda inginkan dan yang sesuai dengan desain kamar tidur anda. Jangan lupa, pilih lemari yang sesuai kebutuhan dan dapat menampung semua pakaian dan barang-barang anda lainnya.

Tempat pensil: beberapa meja belajar memiliki kompartemen khusus mirip tempat pensil untuk memudahkan penggunanya menyimpan pensil, pulpen, serta benda-benda kecil lainnya. Laci: fitur yang satu ini dapat dibilang sebagai fitur wajib meja belajar. Laci dapat digunakan untuk menyimpan dokumen, kunci, atau alat tulis lainnya agar lebih mudah dicari. Lapisan permukaan bebas noda: fitur ini hanya dapat ditemukan pada meja belajar dengan material tertentu. Adanya lapisan permukaan yang bebas noda sangat cocok untuk Anda yang gemar menulis sambil minum kopi agar tidak khawatir noda minuman akan mengotori permukaan meja. Meja belajar memiliki beragam desain dan gaya yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Gaya dan desain yang sesuai dapat ditentukan berdasarkan luas ruangan, serta bagaimana Anda menggunakan meja tersebut, apakah hanya cukup sebagai tempat untuk menulis dan belajar, apakah Anda juga membutuhkan fitur lain untuk menyimpan alat-alat tulis. Agar dapat memiliki bayangan mengenai meja belajar yang tepat dan sesuai kebutuhan Anda, berikut ini ada beberapa desain dan gaya meja belajar yang banyak ditemui di pasaran.

Meja belajar minimalis biasanya didesain untuk ruangan yang tidak terlalu luas. Desainnya pun tidak terlalu mencolok, hanya saja faktor kegunaannya lebih ditonjolkan. Elemen tambahan yang biasa ditemui pada meja belajar minimalis terdiri dari laci, dan rak buku. Warna yang dimiliki meja belajar berdesain minimalis juga cenderung netral, seperti putih, dan cokelat. Namun, untuk meja belajar anak, pilihan warnanya lebih beragam. Meja belajar lipat paling cocok untuk anak-anak TK dan playgroup. Ukurannya yang kecil dan dapat dibawa ke mana-mana membuatnya mudah untuk digunakan. Karena kebanyakan diperuntukkan bagi anak-anak, meja belajar lipat memiliki warna dan gambar yang menarik. Meja belajar kayu memberikan kesan tradisional sekaligus daya guna yang tahan lama. Meski begitu, hal tersebut juga sangat ditentukan oleh jenis kayu yang digunakan sebagai bahan pembuatan meja belajar. Sebab, ada kayu yang bervolume tebal, ada pula yang tipis. Pilihlah jenis dan ketebalan kayu yang sesuai dengan gaya ruangan dan kebutuhan Anda. Hal lain yang perlu diperhatikan ketika memilih meja belajar, terutama meja belajar anak, adalah ukuran tinggi dan lebar meja.