Asset Management Software

Untuk mengelola jumlah asset hingga ribuan atau puluhan ribu bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan waktu dan effort yang besar.

Solusi tepat untuk pengelolaan asset ini adalah dengan mengimplementasikan Asset Management System di perusahaan anda.

Sebelum menjelaskan apa itu Asset Management Software, saya akan mencoba menjabarkan satu per satu arti dari apa itu aset dan apa itu manajemen.

Asset adalah suatu jenis kekayaan yang dimiliki oleh individu ataupun suatu organisasi, memiliki nilai ekonomis, bisa berwujud (tangible) atau tidak berwujud (intangible).

Asset memiliki nilai tukar atau jual dan dapat membantu individu atau organisasi tersebut untuk mencapai suatu tujuannya.

Kemudian pengertian dari Management adalah suatu pengelolaan sumber daya mulai dari manusia, finansial, fisik dan juga informasi untuk mencapai tujuan dengan efektif dan efisien.

Setelah penjelasan apa itu Asset dan apa itu Management. Maka dapat didefinisikan bahwa Asset Management adalah upaya pengelolaan aset atau suatu jenis kekayaan yang dimiliki oleh individu ataupun suatu organisasi.

Dengan melalui proses perencanaan manajemen, pengadaan aset, pemeliharaan aset meliputi pengecekan informasi tentang kondisi aset hingga aset yang tidak bisa digunakan lagi.

Pada masa kini khususnya di negara kita yang tercinta Indonesia, pengelolaan aset masih belum maksimal dalam pemanfaatannya, karena memang diperlukannya kompetensi pengelola aset.

Saat ini pengelolaan aset yang berwujud masih belum diimplementasikan dengan baik, bukan hanya pada perusahaan saja melainkan juga pada pemerintahan.

Dibutuhkannya suatu figur sistem yang dapat menjadi pengelola aset dan mencatat segala aktifitas atau transaksi aset pada suatu organisasi.

Sebenarnya pada saat ini sudah cukup banyak sistem yang telah concern pada manajemen aset, hanya namun tak begitu banyak yang mengimplementasikan sistem-sistem tersebut.

Saat ini Asset Management Software sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat salah satu nya adalah integrasi dengan teknologi RFID.

Beberapa software Asset telah memiliki teknologi ini terintegrasi ke aplikasinya antara lain TMA Software.