Desain interior ruang kantor suatu perusahaan pasti mempunyai sebuah identitas yang tidak terlepas dari branding perusahaan. Baik itu pilihan furniturenya ataupun fasilitas pendukungnya, seperti meja, kursi, lampu, pepohonan dan peralatan pendukung kerja lainnya. Nah jika kamu ada rencana untuk membuat ruang kantormu terlihat berbeda, tentunya harus ada referensi desain kantor yang mau digunakan agar menjadi menarik di mata karyawan. Berikut ini adalah beberapa contoh desain interior kantor dari dalam negeri yang bisa kamu terapkan kedalam tampilan kantor kamu. Google Indonesia menggunakan konsep ruang kantor terbuka yang dipadukan dengan perpaduan aneka warna dan desain unik yang mencermikan kearifan lokal. Contoh desain uniknya seperti Memory Wall yang merupakan deretan foto paraloid kebersamaan pegawai Google. Lalu ada juga ruang bermain dengan mural gambar para pahlawan Indonesia. Selain itu, beberapa ruang meeting juga mereka desain seperti berundak mirip sawah yang dilengkapi dengan kasur dan bantal. Bahkan Google Indonesia kabarnya juga menyediakan ruang khusus untuk bersantai yang dilengkapi dengan makanan dan camilan serta ruang untuk bermain game. Konsep Alice in Wonderland diterapkan di kantor startup komunitas lokal bernama Kaskus. Setiap kali berpindah ruangan, kita akan melewati labirin dengan suasana unik yang berbeda-beda.

Bahkan di ruangan yang disebut Tembok Pertama ada kloset yang ditempel di tembok dengan berbagai coretan. Lalu, ruang tunggu yang disebut Green Room juga mereka desain sedemekian rupa agar seperti berada di lapangan golf dengan sudut yang asimetris. Dari keseluruhan itu semua, kabarnya ruang bersantai karyawan lah yang paling diincar para pegawai karena bisa digunakan bermain games atau menonton TV. Konsep yang diterapkan perusahaan asal Indonesia, Go-Jek pun cukup unik. Mereka memilih jalan aspal pada keseluruhan lantai di kantornya untuk menggambarkan konsep driver Go-Jek. Selain itu tata ruang rubikel juga dibuat rapi dan dipadu-padankan dengan konsep interior yang minimalis (memilih aksen kayu dan perabotan warna hijau agar sesuai dengan warna khas Go-Jek). Perusahaan yang didirikan pada tahun 2010 di Jakarta oleh Nadiem Makarim saat ini telah tersedia di lebih dari 50 kota besar dan kecil di Indonesia. Di perusahaan teknologi yang sudah memiliki title Decacorn ini, suasana kantor ditampilkan se-modern mungkin.

Tidak ada sekat ataupun berbentuk kubikel layaknya kantor tradisional. Semua ruangan yang ada di Grab Indonesia dihadirkan dengan konsep open spaces, jadi karyawan tidak perlu canggung untuk menyampaikan ide, pendapat, gagasan, kritik langsung ke atasan. Bahkan kabarnya, para atasan ini (dan founder) bakalan biasa saja berjalan ke pantry, mengambil cemilan, duduk di sebelah karyawan yang jabatan kerjanya mungkin lebih rendah dari mereka. Kantor Tokopedia yang berada didaerah Jakarta Selatan ini juga tidak kalah keren. Dengan karyawan yang rata-rata umurnya masih dibawah 40 tahun, tentunya suasana kantor juga dibuat dengan suasana yang tidak cepat membuat jenuh dan mood berubah. Fasilitas dan desain interior yang ada di kantor pun tidak jauh dari kantor-kantor sebelumnya, yakni memiliki gym center, fun room, mini bioskop, cafe, dan ayunan layaknya di tempat bermain anak-anak. Kantor dengan desain interior keren lainnya yang ada di Indonesia adalah kantor milik perusahaan e-commerce Bukalapak yang terletak di daerah Kemang, Jakarta Selatan.

Salah satu startup yang bersaing dengan Tokopedia ini telah menjadi salah satu perusahaan yang dibanggakan di Indonesia, karena dimiliki oleh orang asli Indonesia. Tema yang diusung untuk kantor Bukalapak ini adalah play ground (taman bermain), dimana hal tersebut membuat para karyawan menjadi lebih nyaman dalam bekerja. Rekomendasi desain interior kantor keren lainnya yang masih berada di Jakarta adalah kantor milik Nutrifood Indonesia yang teretak di daerah Pulogadung, Jakarta Timur. Perusahaan yang bergerak dibidang produk kesehatan ini telah banyak menjual produknya di pasar dalam negeri. Sebut saja seperti Tropicana Slim, NutriSari, WRP, L-Men, HiLo, hingga W’dank. Yang menarik, perusahaan ini juga memiliki selogan green, healty, and education, dimana setiap nilai-nilai tersebut diaplikasikan kedalam kehidupan setiap karyawannya dan juga gedung kantor mereka. Dengan menjadi karyawan SaleStock, kamu bisa menikmati sejumlah fasilitas seperti ruang santai yang dilengkapi sofa dan kasur, ruang konsol game, bioskop mini, hingga ruang olahraga yang menjaga stamina agar tetap bugar. Hadirnya fasilitas di atas bertujuan supaya karyawan SaleStock bisa bekerja secara maksimal tanpa ada rasa tertekan.