Bekerja di Rumah: 6 Tips untuk Mengatur Meja Kerja Anda sehingga Lebih Produktif

Memiliki ruang kerja di rumah bukanlah hal yang asing lagi, apalagi Anda tinggal di kota sibuk seperti Jakarta. Ruang kerja di rumah atau home office harus bisa memberikan produktivitas yang tinggi supaya seluruh pekerjaan dapat diselesaikan dengan waktu yang singkat, sehingga Anda bisa meluangkan waktu bersama keluarga Anda. Kami telah membuat daftar 6 tips dalam mendekorasi home office Anda agar dapat meningkatkan produktivitas Anda.

1. Taruh meja Anda menghadap jendela

Working space (meja kerja) yang menghadap jendela akan membuat Anda terinspirasi dan lebih menikmati pekerjaan Anda. Cahaya matahari yang menembus jendela Anda akan memberikan suasana cerah dan segar sehingga memacu semangat bekerja Anda.

2. Simpan buku dan peralatan kerja Anda dengan teratur di satu tempat

Tidak ada hal yang lebih mengesalkan dibanding harus menghabiskan waktu untuk mencari peralatan kerja atau buku yang Anda butuhkan untuk bekerja. Karena itu, taruh semua kebutuhan Anda di tempat yang pasti dan teratur agar Anda dapat menemukannya dengan lebih cepat.

3. Sembunyikan kabel-kabel di bawah meja

Banyaknya kabel-kabel di atas meja kerja Anda secara tidak sadar akan membuat Anda tidak nyaman bekerja. Karena itu, pastikan kabel-kabel tersebut diatur rapih di bawah meja.

4. Hias meja kerja Anda dengan kata-kata penyemangat dan kalender

Anda dapat memilih kata-kata favorit Anda untuk dipajang di tembok meja kerja Anda agar menginspirasi Anda dalam bekerja. Anda pun dapat menaruh kalender yang dapat berfungsi sebagai jadwal harian Anda.

5. Taruh tanaman hijau

Tanaman hijau terbukti dapat menyegarkan pikiran, karena itu, tidak ada salahnya Anda menaruh pot-pot kecil untuk menghiasi meja kerja Anda. Tidak perlu tanaman yang besar, cukup sediakan tanaman-tanaman kecil dan sederhana.

6. Untuk tembok yang kosong, buat papan inspirasi (inspiration board)

Khususnya bagi Anda bekerja di industry kreatif, Anda pasti penuh dengan inspirasi-inspirasi menarik. Agar ide-ide tersebut dapat tersalurkan dengan baik, Anda dapat membuat papan inspirasi di tembok kosong pada meja kerja Anda.