Isu senang untuk Anda yang mempunyai meja kerja yang selalu jauh dari kesan rapi, nih.Berdasarkan studi yang dikembangkan University of Minnesota, orang yang gemar berprofesi pada suasana awut-awutan mempunyai kecenderungan untuk lebih berpikiran kreatif daripada mereka yang selalu menjaga kerapian. “Lingkungan yang jauh dari keteraturan justru dapat mendatangkan inspirasi dan pemikiran segar,” sebut Kathleen Vohs, pimpinan dari riset ini.

Hal ini dia ungkapan setelah dia dan timnya melaksanakan tes terhadap sebagian partisipan, yang disuruh untuk menjawab pertanyaan dalam dua pilihan situasi—meja kerja yang awut-awutan dan rapi, memilih makanan apel atau coklat, serta mendonasikan uang untuk kegiatan amal.

Alhasil, orang yang melaksanakan tes pada suasana rapi ternyata lebih banyak mendonasikan dan memilih buah apel (yang diketahui lebih sehat dari coklat). Sementara orang yang melaksanakan tes pada suasana awut-awutan lebih memilih coklat, dan secara mengejutkan, mempunyai banyak inspirasi-inspirasi baru atas persoalan-persoalan yang dilontarkan pada dikala tes.

“Kebalikannya, keteraturan cuma akan membawa seseorang pada kebosanan dan harapan untuk bermain aman,” lanjut Vohs.

Hal yang kurang lebih sama bahkan diungkapan para peneliti University of Groningen, Jerman. “Suasana meja kerja yang awut-awutan tidak selamanya berakibat buruk, sebab hal ini justru dapat menunjang seseorang untuk mencari solusi atas suatu persoalan dan membuatnya lebih efisien dalam berprofesi,” sebut Jia Liu, salah satu peneliti dari University of Groningen.

“Kreativitas merupakan salah satu ciri dari orang dengan kecerdasan tinggi dan hal ini ini dapat menjurus pada suasana kerja yang awut-awutan,” sebut Jonathan Wai, peneliti dari Duke University Talent Identification Program. “Aku rasa, bukan suasana berantakanlah yang membikin orang menjadi kreatif, namun orang kreatiflah yang cenderung menciptakan suasana awut-awutan setiap kali berprofesi. Orang-orang seperti ini akan melupakan kerapian sebab lebih fokus pada pekerjaannya dalam memecahkan persoalan,” sebutnya lagi.

Jadi ringkasannya—setelah membaca artikel ini—Anda yang selalu mempunyai meja kerja awut-awutan jadi merasa lebih lega, dong, sekarang?