Desain interior kantor minimalis merupakan tren desain kantor yang berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Mereka yang memilih desain kantor seperti ini pun bukanlah perusahaan sembarangan, melainkan perusahaan ternama seperti Google dan Apple. Penggunaan desain interior yang minimalis tersebut kemudian meluas ke berbagai negara, termasuk di Indonesia. Banyak perusahaan, baik perusahaan besar ataupun kecil, yang mulai mengadopsi konsep minimalis dalam ruangan kantor. Apalagi, membangun desain kantor yang minimalis dapat dilakukan dengan ruangan yang tak terlalu luas. Keuntungan yang bisa didapatkan dari konsep desain interior minimalis di kantor juga tidak kalah dibandingkan dengan konsep interior lain. Selain mampu memberikan rasa nyaman kepada para karyawan, desain interior minimalis juga dapat mendorong produktivitas karyawan secara maksimal. Seperti yang telah diungkapkan, cara menghadirkan konsep interior kantor yang minimalis tidak terlalu sulit. Cara pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menempatkan tanaman hijau di dalam ruangan. Penempatan tanaman ini pun dipakai untuk menggantikan beragam jenis ornamen. Biar tak terlalu merepotkan, pilih tanaman yang tak butuh perawatan khusus, contohnya kaktus, lidah mertua, sirih gading, ataupun aglonema. Selain memberikan suasana yang lebih segar di dalam ruangan, tanaman yang ada juga punya beragam manfaat.

Manfaat tersebut di antaranya adalah, mengurangi tingkat stres para karyawan, memperbaiki sirkulasi udara, serta mampu meningkatkan produktivitas karyawan. Ketika mendesain ruang kantor secara minimalis, Anda harus memastikan bahwa bangunan punya jendela dalam jumlah yang banyak. Dalam konsep desain interior kantor minimalis, jendela memiliki peran yang sangat penting. Keberadaannya tidak hanya sebagai sarana untuk sirkulasi udara, tetapi juga sebagai sumber cahaya alami di dalam ruangan. Dengan memperbanyak jendela, ruangan bisa terlihat lebih cerah. Di samping itu, pemakaian sinar alami untuk pencahayaan di dalam ruangan juga berdampak positif bagi kesehatan para karyawan. Menurut berbagai hasil penelitian, terungkap bahwa mereka yang sering terpapar sinar matahari, punya resistansi lebih tinggi terhadap risiko depresi. Ruangan yang kecil bisa terasa lebih luas dengan menggunakan konsep desain interior kantor minimalis. Trik pintar untuk menghasikan kesan seperti ini adalah dengan menggunakan cermin. Di samping itu, pemakaian cermin juga sangat berguna untuk memantulkan sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan. Dengan begitu, Anda bisa memaksimalkan pencahayaan dengan biaya yang minimal. Anda tidak akan dipusingkan dengan pemakaian listrik yang boros.

Di samping itu, hal ini juga mendorong kebiasaan untuk hemat listrik serta lebih ramah lingkungan. Pemilihan warna dalam ruangan jadi pertimbangan penting dalam desain interior kantor minimalis. Umumnya, warna yang kerap digunakan adalah putih. Namun, Anda pun bisa berkreasi agar bisa menampilkan kesan yang tak membosankan dalam ruangan. Hanya saja, pastikan bahwa pemilihan warna tersebut mampu membuat suasana menjadi cerah. Sarana penyimpanan menjadi barang yang krusial dalam mendesain interior yang minimalis. Jangan menggunakan lemari berukuran besar ketika ingin memiliki ruang kantor yang minimalis. Sebaliknya, pertimbangkan untuk menggunakan rak yang terlihat sederhana dan begitu fungsional sebagai sarana penyimpanan. Sebagai tambahan, Anda juga bisa menempatkan lemari antik untuk memberi kesan yang berbeda di dalam ruangan. Ketika memilih menggunakan desain ruang kantor yang minimalis, Anda akan mendapatkan banyak space kosong. Sekilas, ruang kosong tersebut bakal memberikan kesan membosankan. Namun, lain halnya ketika Anda memberikan sentuhan kecil di sana. Salah satu cara untuk memberi sentuhan kecil pada ruang kosong pada ruang dengan desain interior kantor minimalis adalah menempatkan karya seni. Anda bisa sengaja menempatkan karya seni tersebut pada ketinggian selevel dengan pandangan mata.

Keberadaan karya seni tersebut tidak hanya bisa mempercantik ruangan. Di waktu yang sama, Anda juga dapat menggunakannya sebagai sumber untuk mencari inspirasi. Suasana yang hangat dan nyaman menjadi faktor penting dalam desain interior kantor minimalis. Kesan tersebut bisa Anda peroleh ketika menggunakan perabotan yang terbuat dari bahan alami seperti kayu. Penempatan perabotan kayu juga bisa dilakukan dengan gampang dan harmonis di dalam ruangan. Apalagi, perabotan kayu juga bakal terlihat semakin cantik ketika Anda menempatkan pot tanaman di bagian atasnya. Hanya saja, Anda harus memastikan bahwa perabotan yang digunakan memiliki kualitas tinggi. Ketika mendesain ruang kantor secara minimalis, Anda tidak terlalu membutuhkan banyak perabotan. Oleh karena itu, alih-alih membeli barang dalam jumlah banyak, lebih baik menginvestasikannya dengan cara membeli barang yang berkualitas. Itulah 7 tips yang dapat Anda terapkan dalam mendesain ruangan kantor yang minimalis. Untuk desain ruangan minimalis yang optimal dan terlihat menarik, Anda bisa memanfaatkan layanan dari Herschel Built, perusahaan spesialis desain interior di Jakarta. Herschel Built telah berpengalaman dalam melakukan beragam jenis proyek desain interior, terutama interior kantor. Kami pun siap menghadirkan desain interior yang nyaman dengan pemakaian produk-produk berkualitas ke dalam ruangan kantor Anda.