1 Jika furniture anda sudah terlanjur diserang oleh hama bubuk kayu, salah satu obat pembasmi hama bubuk kayu adalah dengan menggunakan insektisida khusus pembasmi serangga jenis hama bubuk kayu. Salah satu merek yang cukup mumpuni adalah obat anti rayap Insecticide, yakni obat kayu dimakan bubuk yang dapat mengantisipasi serta membasmi hama bubuk kayu secara keseluruhan. Langkah untuk mengantisipasi agar furniture tidak diserang hama bubuk kayu adalah dengan melarutkan insecticide kedalam air sesuai kebutuhan, lalu kuaskan ke permukaan kayu sebelum dicat, dipernis, atau difinishing. Langkah ini merupakan langkah pencegahan agar kumbang bubuk tidak mengebor furniture untuk meletakkan telurnya. Selain itu Insecticide juga dapat dilarutkan ke dalam air sebagai rendaman kayu sebelum dirakit menjadi sebuah furniture. Jenis obat pembasmi hama bubuk kayu ini baik digunakan oleh para supplier kayu sebelum memasarkan kayu mereka kepada para produsen furniture.

2 Salah satu merek obat pembasmi hama bubuk kayu yang juga bisa dicoba adalah serbuk anti rayap merek CA Dust. Cara pemakaiannya ialah cukup dengan menaburkan serbuk anti rayap ini kedalam lubang yang dibentuk oleh kumbang dewasa atau kumbang muda. Jika salah satu larva atau kumbang terpapar oleh serbuk ini maka ia akan membawa dan menularkannya pada larva dan kumbang lainnya di dalam kayu sehingga larva dan kumbang lainnya yang sudah terkena bubuk tersebut ikut menyebarkan hingga mereka mati. Semakin banyak kumbang atau larva yang terkena serbuk maka proses pembasmian akan berlangsung lebih cepat.

3 Salah satu obat pembasmi hama bubuk kayu yang terakhir adalah merk latrex 400 EC. Obat pembasmi hama kayu ini dapat diaplikasikan pada kayu dengan cara menyuntikkan obat pembasmi hama tersebut secara langsung ke dalam lubang masuknya kumbang dewasa atau lubang keluarnya kumbang muda secara perlahan agar tersebar keseluruh rongga kayu yang telah digerogoti oleh hama bubuk tersebut. Berselang beberapa saat kemudian, kumbang akan keluar dan mati begitupun dengan larvanya.

Semua jenis obat anti hama bubuk kayu dapat membunuh semua jenis hama bubu kayu atau serangga pengebor kayu, baik itu serangga muda dan serangga dewasa maupun larvanya. Itupun selama ia terpapar oleh obat tersebut. Jika perabot kayu Anda sudah terlanjur diserang hama bubuk kayu ini, maka kita tidak akan tahu sudah seberapa dalam ia menggerogoti bagian dalam kayu punyusun furniture sampai ia benar-benar tampak rapuh dari luar karena sudah terlalu parah. Langkah paling efektif adalah melakukan perendaman karena jika hanya menyemprotkan atau mengoleskan obat pembasmi hama bubuk kayu menggunakan kuas kepermukaan kayu saja tidak cukup. Perendaman ini berlaku bagi para produsen material kayu untuk furniture sebelum memasarkan produk mereka, dan juga bagi Anda yang memiliki furniture yang berkemungkinan untuk dapat direndam.