Sebagai tempat mencurahkan ide dan mengerjakan tugas kantor, sudah sepatutnya Meja Kerja Kantor mendapat perhatian dan penataan khusus agar meningkatkan produktifitas kerja. Sebagian orang membiarkan meja kerjanya berantakan dengan dalih mempermudah eksekusi pekerjaan mereka.

Hal ini mungkin berlaku untuk individu tertentu. Akan tetapi, tempat kerja yang rapi dan tertata rapi pasti membuat pemakainya lebih nyaman dan bersemangat untuk mengerjakan tugasnya. Hal ini sangat jelas mengingat di Meja Kerja Kantor lah pekerja menghabiskan sebagian besar waktunya di kantor. Sebagai singgasana di kantor, pasti kita ingin menata meja kerja senyaman mungkin agar kita kerasan dan nyaman dalam bekerja.

Cara berikut bisa di coba agar kerja kita nyaman.

1. Lakukan pembersihan total Langkah pertama untuk menata Meja Kerja Kantor agar lebih nyaman untuk bekerja adalah melakukan pembersihan total pada meja kerja. Usahakan untuk membersihkan meja kerja dari barang-barang yang kurang fungsional karena hanya akan membuat meja kerja lebih mudak berantakan.

2. Atur barang secara sistematis Untuk mendapatkan Meja Kerja Kantor yang nyaman, kita harus menata barang yang ada disekitar meja kerja dengan baik pula. Atur file yang ada dengan sistematis agar mudah dicari dan terlihat rapi. Selain mempermudah saat kita memerlukan file tersebut, mengatur file dengan sistematis juga akan mngurangi tumpukan kertas yang mengganggu pemandangan meja kerja kita. Jika terbiasa memakai sticky notes, sediakan tempat khusus untuk menempelnya agar meja kerja tetap terlihat rapi dan lebih nyaman untuk digunakan.

3. Pakai Furnitur yang sesuai Furnitur yang baik untuk kantor adalah yang sederhana namun fungsional. Desain minimalis,misalnya, menjadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan Meja Kerja Kantor yang tidak hanya gaya, tetapi juga mendukung pengerjaan tugas kantor.

4. Hindari makan di meja kerja Banyak orang yang tidak sadar jika makan atau mengemil di meja kerja membuat ruangan kerja mereka lebih cepat kotor dan berantakan. Jika memang kita terpaksa makan di Meja Kerja Kantor, alasilah meja kita dengan serbet agar meja tetap bersih dan rapi setelah kita makan. Cara tersebut juga efektif unutk menghemat waktu untuk membersihkan sisa makanan yang mungkin tercecer saat kita makan.

5. Sediakan tempat sampah didekat meja kerja Hal sepele ini seringkali dilupakan oleh banyak orang. Padahal dengan menempatkan tempat sampah ditempat yang mudah dijangkau, kita akan tersugesti untuk langsung membuang sampah yang ada di Meja Kerja Kantor kita. Setidaknya teknik ini akan mengurangi sampah-sampah kecil yang tercecer di sekita meja kerja kita.

6. Agendakan kegiatan bersih-bersih meja kerja secara rutin Hal ini sangat penting untuk menjaga agak Meja Kerja Kantor kita tetap terjaga kebersihan dan kerapiannya. Meja kerja yang bersih dan rapi tentu akan membuat kita lebih bersemangat dan lebih mudah dalam mengerjakan pekerjaan kita.

Selain tips diatas, masih ada beberapa tips tambahan dalam menata Meja Kerja Kantor. Jika kita menggunakan computer atau Laptop di meja kerja, usahakan untuk menampilkan sedikit mungkin icon di desktop. Tidak hanya lebih rapid an praktis, hal ini juga akan menghilangkan kesan tak teratur.

Selain itu, atur laci dengan sistematis. Dengan memanfaatkan laci yang ada, sudah barang tentu Meja Kerja Kantor akan terlihat lebih “lapang” dan nyaman untuk bekerja. Sangat disarankan untuk langsung merapikan meja kerja setelah selesai dipakai. Dengan demikian, kita dapat langsung memulai pekerjaan esok hari dengan mood dan semangat baru. Jika ditilik kembali, memang produktifitas kerja berbanding lurus dengan kenyamanan tempat kerja.

Semakin nyaman tempat bekerja kita, semakin tinggi pula produktifitas kerja kita. Sudah sepatutnya kita memberi perhatian lebih pada meja kerja saat kita ingin mengerjar efektifitas kerja yang lebih baik. Meja kerja yang rapi, nyaman, bersih dan mendukung pekerjaan pasti membuat kita kerasan dan dapat melakukan pekerjaan dengan lebih baik. Semoga tips dalam menata Meja Kerja Kantor untuk mendapatkan produktifitas kerja yang lebih baik dapat membantu anda.