Untuk memberikan kesan nyaman untuk para karyawan dalam sebuah kantor supaya para karyawan bisa bekerja dengan lancar ialah adanya tata ruang dalam kantor, tata ruang kantor memang suatu hal yang cukup penting peranannya, selain peralatan kantor. Untuk penataan yang dilakukan ini sendiri mencakup beberapa hal yakni pengaturan untuk tempat kerja itu sendiri, peralatan yang ada di kantor, dan yang lainnya.

seperti yang sudah anda ketahui, secara umum memang tata ruang kantor dibagi menjadi dua bagian yakni tata ruang kantor tertutup dan juga kantor ruang terbuka. Jika pada kantor ruang tertutup setiap ruang dari pekerjanya akan dibatasi dengan sekat – sekat. Sedangkan pada tata ruang terbuka ialah dalam satu ruang diisi oleh banyak orang dan beberapa divisi, dan tanpa adanya sekar atau batas yang jelas.

  1. Tata Ruang Kantor Terbuka

Tata ruang terbuka ini ialah tata ruang kantor yang digunakan untuk bekerja tidak ada pemisah atau tidak digunakannya penyekat antar ruangan pekerja. Aktivitas pekerjaan dari para pekerja itu dilakukan dalam sebuah ruangan besar terbuka dan dengan demikian maka para pekerja bisa dengan mudah diamati dari satu sudut saja. Keuntungan jika menggunakan tata ruang terbuka ialah pengawas bisa dengan mudah mengawasi para pekerja. Selain itu juga hubungan antar pegawai juga bisa terjalin harmonis dan bisa memudahkan pekerjaan mereka dengan tidak perlunya keluar masuk ruangan satu ke ruangan lain jika ingin memberikan file atau berkas atau lainnya.

  • Tata Ruang Kantor Tertutup

Tata  ruang tertutup ini setiap ruangan pekerjanya dibatasi dengan tembok atau yang lainnya. Dengan adanya pembatas maka bisa menjaga kerahasiaan pekerjaan dan mencegah gangguan dari pekerja yang lainnya. Namun dengan tata ruang kantor tertutup justru akan membuat pengawas kesulitan mengawasi para karyawannya.

  • Tata Ruang Kantor Bertaman

Tata ruang kantor ini merupakan tata ruang kantor yang dihiasi dengan tanaman atau dekorasi lainnya yang membuat ruangan kantor seperti berada di alam terbuka. Tata ruang kantor inilah yang dapat membuat para pegawai bisa merasa lebih nyaman dan cukup ekonomis dalam hal memanfaatkan ruangan.

  • Tata Ruang Kantor Gabungan

Tata ruang kantor ini ialah gabungan dari tata ruang kantor terbuka, tertutup, dan bertaman. Jenis tata ruang kantor ini memang cukup banyak digunakan karena masing – masing tata ruang mempunyai keunikan sendiri – sendiri. Dan dengan dibuatnya tata ruang kantor gabungan bisa membuat ruangan kantor lebih kondusif.