Pekerjaan desain dan mendekorasi interior ruangan kantor yang berukuran kecil memerlukan keseimbangan antara beberapa hal; ide-ide dekorasi, kepribadian anda, kondisi atau suasana ditempat kerja, kebutuhan akan ruang penyimpanan (organized storage), serta syarat pemanfaatan ruang yang efisien dan kompak. Beberapa hal yang saya sebutkan tersebut akan menjadi panduan dalam proses pekerjaan desain dan dekorasi interior ruang kantor dengan luasan yang terbatas. Membersihkan ruang kantor anda. Pindahkan semua barang dari ruang kantor anda dan letakkan diruangan lain untuk sementara, anda bisa memindahkan barang-barang tersebut kegudang untuk sementara waktu. Buatah rencana dan tuangkan dalam sketsa, seperti apa ruangan yang anda inginkan. Seperti apa interior ruangan yang anda ingin lihat nantinya, bayangkan tentang warna, tata letak dan perabot didalam ruangan tersebut. Buatlah daftar tentang hal, warna, barang, dsb yang sesuai kebutuhan pimpinan anda, kebutuhan anda dan juga rekan kerja anda. Perlu diingat bahwa hasil desain dan dekorasi interior ruangan kantor ini akan mencerminkan image perusahaan anda nantinya.

Menentukan kebutuhan akan ruang penyimpanan. Apakah kantor anda memiliki cukup ruang penyimpanan untuk mengakomodasi barang-barang, file, alat tulis/stationary, dsb. Jika memang ruang atau tempat penyimpanan barang tidak ada atau kurang, maka anda membutuhkan lemari atau cabinet yang multifungsi. Rak atau cabinet sebaiknya tidak memakan tempat, anda bisa memesan cabinet atau rak yang menyatu dengan meja kerja. Bayangkan meja kerja multifungsi dimana ada cabinet atau rak penyimpanannya akan membantu mengurangi keruwetan ruang kerja anda. Desain meja dan cabinet multifungsi harus mampu menampung semua kebutuhan kerja anda, file, buku, nota, pena dan alat tulis lainnya. Memilih warna cat untuk dinding. Pilih dan gunakan warna cat yang bisa menyatu dan kohesif dengan lantai. Pertimbangkanlah untuk menggunakan warna-warna yang netral sebagai warna utama. Warna netral akan memberikan kesan ruangan kantor yang luas, ingat bahwa kantor anda adalah area dengan space yang sempit, sehingga anda sebaiknya menggunakan warna-warna yang terang agar kesan luas bisa didapatkan. Setelah memilih warna utama, selanjutnya anda bisa menggunakan 1 warna bright sebagai aksen.

Warna terang sebagai aksen akan memberikan daya tarik, sehingga ruangan tidak terkesan polos dan monoton. Pilihlah cat yang berkualitas tinggi, siapkan peralatan yang dibutuhkan seperti paint shield, molding dan masker. Siapkan cetakan atau sticker, jika ada bagian yang akan dicat dengan warna lain, maka anda sebaiknya menutup bagian tersebut terlebih dahulu. Menggunakan dinding dekoratif. Seni dinding dekoratif adalah sesuatu hal yang sebaiknya anda pertimbangkan. Anda bisa memilih dinding dekoratif yang sesuai dengan selera anda dan budaya perusahaan. Seni dinding dekoratif adalah karya yang sebenarnya simpel tapi juga berselera tinggi. Pilih beberapa bilah dinding dekoratif, sesuaikan dengan ukuran ruangan kantor anda. Jika didalam ruangan kantor terdapat jendela, anda bisa meletakkan kaca atau cermin berlawanan arah dengan jendela. Hal ini untuk memberikan kesan luas karena ilusi dari 2 buah jendela dan lebih banyak cahaya. Personalisasikan 1 bidang dengan foto-foto karyawan dikantor anda, tambahkan dengan kata-kata mutiara atau kata quotes yang memotivasi. Ganti foto-foto dan kata-kata motivasi secara berkala untuk menjaga ruangan kantor ada tetap fresh dan up-to-date.

Menambahkan pencahayaan pada titik-titik yang strategis. Gunakan floor lamp yang cukup tinggi, ceiling fixtures atau lampu gantung untuk memberi kesan dramatis tetapi ruangan kantor harus dijaga agar tetap lega. Dibanyak ruangan dan kantor, kita sering melihat lampu spotlight atau downlight. Jika memungkinkan tambahkan task lamp dimeja anda, task lamp sangat efektif dan tidak mengambil banyak space diatas meja atau area kerja anda. Mengatur semua stationary (alat tulis). Alat tulis biasanya kecil dan banyak, ini berpotensi untuk menimbulkan kekacauan dimeja anda. Alat tulis ini harus anda rapikan, dan letakkan pada tempat yang mudah dilihat dan dijangkau sehingga anda tidak kerepotan mencari saat akan menggunakannya. Gunakan vas kaca, storage transparan atau container box ukuran kecil, anda bisa mengatur jenis stationary pada tiap-tiap rak container box kecil tersebut. Kategorikan tiap-tiap file dalam map atau binder, kemudian simpan pada lemari, rak, atau filling cabinet secara teratur. Berikan note atau penomoran bila perlu agar memudahkan anda untuk menemukan file atau arsip saat anda mencarinya. Menggunakan Barang Multifungsi. Untuk mengoptimalkan ruangan kantor dengan luas yang terbatas atau ruang yang sempit, salah satu ide terbaik adalah menggunakan perabot multifungsi. Hanya perlu disesuaikan warna dari perabot-perabot tersebut. Sesuaikan dengan warna dominan didalam ruangan tersebut agar terkesan serasi. Hindari penggunaan barang atau perabot berukuran terlalu besar karena akan membuat ruangan terasa kecil dan sempit. Pertimbangkan ide ini karena akan membuat ruangan kantor anda menjadi lebih luas secara signifikan. Menggunakan window treatment. Jika anda menggunakan tirai atau semacamnya, usahakan tidak menutupi jendelanya. Penggunaan gorden dari kain atau fabric biasanya membuat area jendela terlihat sesak dan berantakan. Gunakan vertical atau horizontal blind, selain sebagai elemen dekoratif juga berfungsi mengatur banyaknya source cahaya dari luar ruangan melalui jendela. Kapan membuka sebagian, penuh atau bahkan menutupnya anda sesuaikan dengan kondisi dikantor anda. Demikian tips tentang desain interior dan dekorasi ruangan kantor, sangat cocok diterapkan pada ruangan kantor yang berukuran kecil atau luasan yang terbatas. Dengan menerapkan beberapa tips dan ide diatas, ruangan kantor yang kecil dan terbatas tetap bisa terlihat indah dan gaya.