Filling cabinet menjadi salah satu aset dasar dalam dunia perkantoran. Pasalnya, lemari penyimpanan ini kerap dipakai sebagai wadah dokumen dan arsip penting perusahaan. Biasanya, penyimpanan dilakukan dengan berdasarkan pengelolaan folder perusahaan agar mudah mencarinya ketika dibutuhkan. Dunia perkantoran di Indonesia yang masih banyak menggunakan arsip non-digital menjadikan kabinet suatu kebutuhan yang tidak terelakkan. Satu gedung perkantoran biasanya memiliki banyak unit sekaligus. Demi alasan penghematan dengan masa pakai yang panjang maka penting sekali memilih lemari dengan kualitas terbaik. Produk yang terbaik berarti menjaga arsip yang dimiliki tetap utuh tanpa terkena kerusakan baik air, serangga, debu maupun kotoran di ruang kantor. Bahkan, dalam beberapa kasus, pengelola kantor memilih menggunakan loker berbahan besi agar aman apabila ada kebakaran. Kemudian, ada juga yang menggunakan loker dengan kunci khusus untuk menyimpan dokumen yang sifatnya rahasia agar aman. Belakangan ini, tren gedung perkantoran yang lebih kasual dan modern juga semakin meningkat. Karena itu, tipe kabinet penyimpanan bukan lagi hanya berdasarkan fungsi namun juga model dan desain.

Dalam beberapa kasus, filling cabinet bukan sekedar jadi lemari arsip belaka namun juga mebel sebagai bagian dari desain interior ruangan. Kabinet penyimpanan dibuat dari berbagai macam bahan baku. Ada yang dari kayu, serbuk kayu atau particle board, kaca, besi, alumunium, plastik dan kombinasi. Setiap jenisnya memiliki keunggulan masing-masing. Contohnya kabinet dari bahan alumunium dan besi pasti lebih kuat dan awet masa pakainya. Sedangkan kabinet dari bahan plastik jelas lebih murah dan terjangkau dari segi harga. Sedangkan dari bahan kayu relatif lebih cantik dan ramah dipandang mata. Filling cabinet tersedia dalam bentuk laci, lemari, maupun kombinasi keduanya. Terdiri dari beberapa partisi mulai dari 2 sampai dengan tak terhingga. Untuk jenis kantor pemerintahan yang lebih formal biasanya menggunakan kabinet berbentuk laci atau lemari. Sedangkan kantor swasta banyak menggunakan kabinet dengan desain yang lebih modern berupa kombinasi. Jenis ini biasanya lebih fungsional untuk penyimpanan maupun fungsi kantor lainnya. Kabinet biasanya juga dinilai dengan ketebalan rangkanya. Umumnya, kabinet memiliki rangka dengan tebal mulai dari 0.6 mm hingga 0,8 mm. Ketebalan ini menentukan kekuatannya serta kapasitas arsip yang disimpan.

Ukurannya juga beragam sesuai dengan kebutuhan mulai dari ukuran laci standar maupun besar. Untuk sejumlah kantor dengan desain poster maupun proyek bangunan berukuran besar memilih kabinet dengan partisi besar. Sedangkan kantor dengan arsip ukuran standar biasanya memiliki kabinet berukuran normal. Hubungi kami via WhatsApp. Langsung kirim ke kota Anda. Ada banyak sekali merk filling cabinet yang tersedia di pasaran. Namun, ada 3 merk yang paling banyak diminati masyarakat luas yaitu Brother, Lion, dan Ikea. Ketiga merk ini memiliki keunggulan masing-masing baik dari segi desain, harga, maupun kekuatannya. Berikut penjelasan secara ringkas untuk 3 merk tersebut. Brother merupakan merk mebel untuk dunia perkantoran yang berdiri lebih dari 30 tahun. Begitu lama mereka bergelut dalam bidang ini, tentunya merek Brother dibarengi dengan kualitas produknya yang terjamin, termasuk pula lemari penyimpanannya. Semua unit kabinet dari Brother diklaim menggunakan bahan yang ramah lingkungan dan desain yang menarik. Seluruh filling kabinet Brother terbuat dari material besi baja sehingga awet dan tahan lama. Meski demikian, jenis penyimpanan ini tidak tahan api.

Ada lima jenis kabinet yang bisa dipilih mulai dari dua partisi hingga empat partisi. Bentuknya berupa laci maupun kombinasi dengan lemari. Seluruhnya berwarna abu-abu dengan pengaman berupa kunci putar. Harga setiap unitnya dibandrol dengan harga mulai dari Rp1 jutaan untuk kabinet dengan dua partisi. Kelebihan lainnya adalah partisi yang cukup besar sehingga fungsional menyimpan banyak arsip dengan aman. Bentuknya juga cukup modern untuk diletakkan di ruangan kantor yang modern tanpa menghilangkan sisi fungsinya. Kabinet penyimpanan dari merk Lion tersedia dalam tujuh tipe berbeda. Seluruhnya berbentuk serupa laci dengan dilengkapi kunci. Pengamannya berupa kunci putar dengan sistem laser key. Lion menjanjikan jika sistem laser key ini tidak dapat ditiru sehingga keamanannya terjamin. Adapula sistem Complete Knock Down (CKD) yang dibuat untuk memudahkan penggunanya serta optimalisasi ruangan. Lion menyediakan dua tipe laci, kedua tipe laci tersebut yakni standar dan ekonomis. Tipe standar merupakan jenis kabinet dengan laci yang bisa ditarik hingga 100% sedangkan ekonomis hanya bisa ditarik hingga 90%. Hanya saja, tipe ekonomis memiliki desain yang lebih menarik jika dibandingkan dengan tipe standar.