Dengan memerhatikan desain interior kantor, maka kantor di dalam ruko bisa menjadi tempat bekerja yang menyenangkan. Dalam bekerja harus didukung dengan suasana yang nyaman. Sehingga karyawan atau pegawai kantor dapat bekerja dengan baik, agar mendapatkan hasil yang maksimal. Saat ini banyak ruko yang disewakan sebagai perkantoran, karena berada di lokasi yang strategis. Ruko yang memiliki kepanjangan rumah toko, biasanya digunakan untuk toko di lantai bawah dan rumah pada lantai atas. Ruko juga bisa digunakan untuk toko secara keseluruhan sesuai dengan kebutuhan pemilik ruko. Tidak jarang juga ruko dijadikan sebagai tempat gym, kantor, maupun kedai kopi. Hal ini kembali lagi pada kebutuhan pemilik ruko dalam memanfaatkan bangunannya. Dengan minimnya lahan bangunan, banyak perkantoran dan perusahaan yang mendirikan bangunan kantor pada suatu ruko. Umumnya kantor yang berada dalam ruko terlihat sangat sederhana karena memiliki ruangan yang tidak terlalu luas. Namun untuk mengubah suasana kantor di sebuah ruko agar tidak membosankan, ada beberapa ide yang bisa Anda terapkan untuk desain interior kantor ruko tersebut.

Kantor dengan desain industrial sangat trend belakangan ini. Kantor bergaya industrial biasanya menggunakan warna monokrom dan terkesan maskulin. Kemudian yang khas dari desain industrial, yaitu beberapa elemen yang sengaja dibuat unfinish atau belum selesai. Untuk menambah gaya industrial, dipilih furnitur yang tanpa finishing atau menggunakan warna aslinya seperti furnitur berbahan besi tanpa dicat. Ide desain ini sangat sederhana karena bohemian memiliki gaya bebas dan tidak kaku. Desain interior bohemian mengandung unsur warna – warna yang lembut dan hangat. Untuk mempercantik interior bohemian, dapat menggunakan karpet fitur polos maupun motif. Konsep bohemian dekat dengan alam, sehingga sangat cocok untuk ditambah dekorasi berupa tanaman. Kantor yang bergaya klasik sangat cocok untuk kantor yang bergerak di bidang kecantikan dan fashion. Desain klasik sangat dekat dengan kemewahan. Bukan berarti Anda membutuhkan furnitur dan dekorasi yang mahal, namun berikan sentuhan kemewahan seperti motif marble pada meja atau gunakan warna klasik seperti kuning emas, coklat, dan hijau. Desain interior kantor yang sangat mudah untuk diterapkan yaitu gaya minimalis.

Desain ini memainkan warna yang sedikit. Kantor dengan desain minimalis akan memberikan kesan ruangan yang luas dan bersih. Lengkapi dengan furnitur yang sederhana dan dekorasi yang minimalis. Jika Anda ingin melengkapi dengan karpet, pilihlah warna yang solid dan tanpa motif. Gaya ini memang sangat umum diterapkan pada kantor yang berada dalam ruko. Namun agar tidak terlihat membosankan, Anda bisa bermain warna pada furnitur dan dekorasi. Anda bisa bermain warna netral seperti krem, grey, maupun warna monokrom. Lengkapi dengan pencahayaan yang pas untuk memperkuat elemen yang ada. Menentukan desain interior yang sesuai, sebaiknya menggunakan bantuan jasa interior desain yang sudah berpengalaman. Mendesain kantor berbeda dengan mendesain rumah. Ada kaidah – kaidah yang harus diperhatikan dalam membuat interior kantor. Misalnya memerhatikan bagian fast moving, bagian slow moving, keamanan, kamar mandi, dan sebagainya. Kantor sebagai tempat untuk bekerja akan semakin optimal jika setiap furnitur maupun ruangan di dalam ruko dapat dimaksimalkan fungsinya.