Ingin memiliki partisi ruang tamu? Ada sejumlah pilihan untuk itu, salah satunya adalah gorden yang terbilang paling murah meriah. Biasanya desain rumah tapak akan menghadirkan ruang tamu, ruang makan, ruang keluarga, dan dapur yang menyatu. Konsep open space ini membuat hunian tapak menjadi lebih luas lantaran tidak ada sekat di dalam rumah. Kamu bisa memasak sambil memerhatikan anak yang tengah bermain di ruang keluarga atau sedang makan. Begitu juga pasangan bisa melihat aktivitas anggota keluarga lain yang sedang bersantai atau memasak. Namun, ada kalanya kamu membutuhkan privasi terutama saat menerima tamu keluarga atau tetangga. Kamu tidak ingin pembicaraan dengan tamu didengarkan oleh anak-anak atau pun asisten rumah tangga. Kehadiran partisi ruang tamu diperlukan agar ada privasi, namun kehadirannya tidak perlu masif seperti tembok. Untuk Partisi Ruang Tamu, Kamu Pilih yang Mana? Pilihan untuk memasang tirai atau gorden menjadi pilihan yang paling mudah dan juga tentunya murah. Kamu hanya perlu memasang rel atau pengait gorden pada dinding.

Hal ini mudah sekali bukan? Selain itu, harga gorden juga tidak perlu yang mahal. Kamu bisa mencari gorden dengan harga terjangkau. Atau kalau kamu kreatif, mungkin kamu memiliki stok kain etnik atau tradisional, gunakan saja sebagai pengganti gorden. Saat gorden tidak digunakan, kamu bisa menyingkapnya dan kemudian merapikan sehingga ruang terlihat lapang. Ketika ada tamu, kamu bisa membuka tirai dan menutup akses antara ruang tamu dan ruang di sebelahnya. Rak buku juga menjadi pilihan paling mudah dan tergolong standar untuk partisi ruang tamu di rumah. Ada banyak pilihan rak buku mulai dari lemari yang bisa terlihat dari dua arah atau lemari yang tertutup. Bentuk kedua lemari ini mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing, tergantung dari keinginan kamu. Jika lemari atau rak buku dapat dilihat dari dua arah, kamu bisa menempatkan pajangan dari dua sisi. Sebaliknya, kalau lemari hanya memperlihatkan satu sisi sementara satu sisinya berupa bagian belakang. Maka, kamu hanya bisa menempatkan bagian depan lemari ke arah ruang tamu sekaligus mempercantik dekorasi ruang tamu. Jangan salah lho kalau tanaman indoor juga bisa digunakan sebagai partisi ruang tamu di rumah.

Gunakan tanaman yang berukuran sedang atau tanaman yang memiliki batang pohon tanpa cabang. Atau kamu bisa memanfaatkan tanaman bunga yang biasanya berukuran sedang dengan sejumlah cabang. Tanaman indoor ini bisa ditempatkan di pot yang kemudian diletakkan di meja kecil atau cukup di lantai saja. Seperti halnya lemari, akuarium juga menjadi partisi ruang tamu yang menghadap ke dua sisi ruangan. Akuarium yang berukuran sedang bisa membagi ruangan menjadi dua, terpisah namun tetap menyatu. Partisi ruang tamu ini bisa mempercantik ruang tamu dan juga ruang keluarga atau ruang makan di sebelahnya. Akuarium yang berisi ikan air laut biasanya lebih menarik lantaran ikan air laut lebih indah dibandingkan ikan air tawar. Meja pajangan atau mungkin juga drawer bisa menjadi alternatif lain partisi ruang tamu di rumah. Kamu bisa menempatkan sejumlah pajangan yang berukuran sedang atau tinggi di atas meja pajangan. Hal ini untuk mempertegas batas antara ruang tamu dengan ruang di sebelahnya meski tidak terkesan masif.