Banyak sekali konsep interior atau arsitektural dengan pendekatan konsep desain industrial style. Apa itu konsep industrial style? Konsep industrial style dibangun dengan pendekatan desain yang lugas, transparan, useable dan cenderung tampak apa adanya, sesuatu yang hadir ala kadarnya dan ada perlakuan ‘di biarkan’ karena unsur kesengajaan dari para pekerja/tukang. Ciri ciri desain industrial banyak menggunakan material industri seperti kayu, kaca, besi dan aluminium yang di padukan sehingga mendapatkan desain yang menarik.

1. Memperlihatkan material asli bangunan, material bangunan yang dipakai sengaja dibiarkan terlihat seperti misal pasangan batu bata merah yang sengaja buka, di ekspos secara mentah tanpa ada plesteran semen, sehingga terlihat tumpukan batu bata nampak sama persis saat pekerja menyusunnya.

2. Tampilan instalasi, pada umumnya bangunan instalasi perpipaan, kelistrikan ditanam pada dinding, namun pada industrial desain instalasi tersebut dibiarkan tidak disembunyikan atau di tanam dalam batu bata/dinding.

3. Warna industrial style memiliki warna yang monokrom karena bawaan dari warna material dasar bangunan, hitam, abu abu warna semen, merah batu bata, warna kayu dan putih sebagai warna penetralnya.

4. Ornamen interior seperti railing besi beton, kawat ram ekspose, kawat metal grip untuk balustrade tangga.

Seperti contoh desain interior yang kita kerjakan diatas, adalah kantor IT salah satu toko kamera terkenal di Surabaya yang di desain dengan konsep dasar industrial style sederhana. Pemilik menghendaki ruang kantor IT open office dengan susunan meja kerja terbuka tanpa sekat untuk meminimalis penggunaan penghawaan buatan dan pencahayaan semaksimal mungkin dan seefektif mungkin. Tata letak interior didesain sederhana untuk perletakan meja kecil untuk 15 staf yang dibagi dan disusun berdekatan menjadi 2 meja besar. Meja panjang untuk 3 standing komputer dan rak rak buku sebagai area storage nya. Dibelakang area kantor yang berada di lantai 2 ini terdapat area santai berupa pantry kecil dan tempat bercengkerama ketika jam istirahat. Konsep industrial dibangun pada desain interior kantor IT ini muncul di desain kusen dan partisi kaca yang mengadopsi jendela/pintu yang banyak dipakai di pabrik, bentuk kotak kotak dengan kaca polos berbentuk persegi dengan frame besi kotak tipis. Dinding batu bata eskpose yang diwarna putih untuk mendapatkan ruang kesan mentah namun tetap terlihat terang. Permukaan dinding dan lantai sengaja dibiarkan mentah dengan warna semen namun perlu perlakuan berupa coating untuk tampilan yang lebih bagus misal perlakuan lantai semen di poles untuk mendapatkan kesan mengkilat. Furniture minimalis dengan warna warna monokrom warna kayu dan material besi natural dan bentuk maskulin. Penggunaan lampu gantung ala industri yang terlihat kabel kabelnya.

Untuk menambahkan nuansa asri, Anda bisa menambahkan tanaman besar seperti pohon dan bambu di taman sehingga kesan asri dapat dinikmati disetiap sudut ruangan. Desain kantor kreatif bisa disesuaikan dengan keinginan si pemilik kantor atau setelah berkonsultasi dengan ahli desain professional. Gunakan desain-desain kreatif dan lucu dipenuhi dengan warna-warna. Seperti contoh, desain interior kantor menggunakan konsep gudang, hal tersebut diartikan sebagai perlambangan ide-ide dalam gudang pemikiran kreatif seseorang. Tampilan kantor dibuat dengan menggunakan box container yang menggambarkan keleluasaan bekerja. Selain itu untuk area istirahat dirancang dengan menggunakan bean bag atau bangku-bangku nyaman serta langit-langit teralis dapat dibuat rendah. Untuk menambahkan suasana hangat, Anda dapat menggunakan bohlam warna kuning. Konsep ini berbeda dengan kantor yang bertema rumah, ini adalah “konsep home office” yaitu menjadikan rumah sebagai kantor. Ketika membuat desain kantor untuk rumah, Anda harus mengkondisikan ruangan agar lebih efektif yaitu desain yang rileks namun formal, agar para pekerja tidak bermalas-malasan. Kesulitan mendesain home office adalah memisahkan antara area kantor yang bersifat publik dengan area rumah yang lebih privasi. Beberapa orang bisa memanfaatkan garasi rumah atau area kosong di rumah. Kelebihan dari konsep desain ini adalah lebih efisien karena menghemat biaya apalagi semakin lama lahan juga semakin sempit. Menambahkan nuansa alam pada area kerja, untuk memperkuat nuansa alam tersebut dibutuhkan beberapa tampilan alami interior. Gunakan perabotan dan ornamen seperti kayu balok dan batang kayu, kursi rotan, pepohonan serta unsur air. Penataan lampu dan sistem pencahayaan yang digunakan bukan hanya untuk mempercantik tampilan ruang, namun juga untuk membuat ruangan berkesan nyaman serta tenang. Bekerja juga semakin semangat dah betah berada dikantor. Kurang lebih itulah konsep desain interior yang bisa diterapkan di kantor Anda, untuk membuat para pekerja nyaman. Namun, Anda bisa juga menggunakan desain-desain lain diluar inspirasi diatas, menyesuaikan dengan kreatifitas Anda. Pilih dulu tema apa yang kira-kira mau Anda terapkan dikantor, yang terpenting sesuai dengan keinginan Anda dan menarik bagi karyawan di kantor.