1 Pilihlah layout meja yang sesuai dengan diri kamu

Jika kamu selalu memulai hari kamu dengan menulis to-do-list, letakkan alat tulis dan notepad di tempat yang mudah kamu raih. Sedangkan jika kamu memulai hari kamu dengan membuka email, berikanlah ruang yang cukup bagi keyboard kamu sehingga kamu tidak merasa meja kamu terlalu sempit. Perlu kamu ingat, bahwa segala sesuatu yang rapi belum tentu cocok dengan gaya kamu. kamu bisa menyesuaikan meja kerja kamu dengan gaya kamu bekerja jika itu dibutuhkan.

2 Letakkan tempat sampah kecil di meja kamu

Ada berapa banyak gumpalan kertas yang tidak terpakai di meja kamu? Semula mungkin kamu ingin membuangnya ketika kamu bangun dari duduk kamu. Namun nyatanya, kamu kerap kali lupa dan gumpalan kertas tersebut pun menumpuk di meja kamu. Alangkah baiknya jika kamu menyediakan tempat sampah kecil di meja kamu untuk membuang gumpalan kertas tersebut. Meja kamu akan lebih bersih dan rapi dibandingkan harus menumpuk gumpalan kertas.

3 Gulung kabel-kabel dengan rapi

Kabel yang menggulung tidak karuan akan merusak kerapihan meja kamu. kamu bisa meletakkan cable holder untuk meja kamu atau menggunakan binder clip untuk membuatnya terlihat lebih rapi.

4 Rapikan dokumen-dokumen kamu

Jika kamu memiliki dokumen-dokumen fisik, pastikan kamu menyusunnya dengan rapi. Sisihkan waktu kamu untuk sekedar merapikan dokumen kamu. Jika file holder yang kamu miliki dirasa sudah tidak dapat menampung dokumen-dokumen tersebut, alangkah baiknya jika kamu mencari file holder baru untuk menampungnya.

5 Berilah label nama bagi dokumen yang diletakkan dalam laci

Mungkin kamu memiliki laci dimana kamu menyusun dokumen kamu. Dari pada kamu harus membuka setiap laci untuk mencari dokumen yang kamu butuhkan, akan lebih baik jika kamu menamai laci-laci tersebut sesuai isinya. Selain lebih mudah dicari, kamu pun akan menghemat banyak waktu saat mencari dokumen yang dibutuhkan.