Inspirasi Desain Ruang Kantor

Suasana tempat atau ruangan di mana kita berkerja sangat berpengaruh terhadap performa dan kreatifitas yang dihasilkan. Pemilihan tata ruang, warna serta dekorasi bahkan dapat mencerminkan karakter dari sebuah organisasi atau perusahaan. Berikut beberapa ide yang dapat menginspirasi anda dalam mendesain ruang kantor.

 

Source: puregreenmag.com

1. Nuansa Industrial

Desain unfinished pada bagian dinding,  elemen besi pada meja dan kursi plus sedikit unsur kayu dapat membangun nuansa industrial yang diinginkan. Agar ruangan tidak terlalu kaku, tambahkan pot besar berisi tanaman pada salah satu bagian ruangan. Selain memberikan tampilan yang lebih segar, keberadaan tanaman di area kerja juga bermanfaat  mengurangi stress dan meningkatkan produktifitas. Beberapa jenis tanaman yang biasa digunakan adalah pakis, kaktus, palem, dan anggrek bulan.

 

Source: thecoolhunter.net

2. Dominasi Kaca

Pembagian ruangan pada area kantor tidak harus selalu berbentuk tembok bata. Anda juga bisa menggunakan kaca untuk sekat antar ruangan. Penggunaan kaca pada bagian dinding secara otomatis menjadi akses masuknya cahaya matahari. Membuat ruangan lebih cerah dan tentunya menghemat biaya listrik..

 

Source: homedi.com

3. Tembok Kutipan

Untuk menambah semangat dan motivasi bekerja, buatlah semacam ‘Wall Of Motivation’. Anda dan rekan kerja bisa mengisinya dengan kalimat- kalimat positif berupa kutipan atau slogan. Bebaskan kreatifitas dengan membuatnya dalam bentuk lukisan abstrack, font berukuran raksasa atau bahkan tulisan tangan sekalipun.

 

Source: kireco.eu

4. Ruang Kerja Bersama

Tren coworking space sedang marak di dunia perkantoran. Konsep dari coworking space adalah satu ruangan besar yang dapat digunakan karyawan untuk bekerja berdampingan tanpa banyak sekat ataupun partisi. Format ruang kantor ini cocok untuk perusahan atau organisasi yang lebih bersifat santai, dan melibatkan banyak proyek berkelompok. Lengkapilah coworking space dengan satu area sofa yang dikhususkan untuk berdiskusi.

Source: officesnapshots-com

5. Sentuhan Mewah

Bagi perusahaan yang mengusung konsep glamor dan mewah bisa memilih furniture dengan warna yang relatif gelap dan juga sofa atau kursi berbahan kulit. Detil pada sofa akan juga memperkuat kesan yang ingin dicapai. Lengkapi juga dengan lukisan, karpet, dan juga lampu gantung.

Source: officesnapshots.com

6. Simpel dan Minimalis

Kunci dari pemilihan ruang kantor berdesain minimalis adalah kerapihan dan tentunya pilihan warna yang tidak terlalu ramai. Warna dasar seperti putih, hitam atau abu-abu sebaiknya digunakan sebagai warna dominan pada gaya desain minimalis. Warna lain boleh digunakan asal tidak menggunakan kombinasi warna yang terlalu banyak. Pastikan tersedia tempat penyimpanan untuk dokumen agar tidak terserak.