Kombinasikan berbagai tipe lemari, rak, lalu klasifikasikan dan sesuaikan dengan berbagai jenis barang yang kamu miliki. Atur agar semua barang memiliki tempat penyimpanan khusus, seperti gantungan untuk kemeja dan jas, laci untuk aksesoris berukuran kecil, dan lain sebagainya. Dengan memiliki kamar tidur minimalis, pemilihan warna lemari pakaian yang tepat dapat mempengaruhi tampilan keseluruhan kamar tidurmu. Warna terang bisa membantu kamu melihat lebih jelas karena dalam ruangan kecil, pandangan mata akan terbatas. Untuk menentukan warna lemari pakaian di kamar tidur minimalis, kamu bisa memilih dengan menyesuaikan warna tema atau dekorasi di dalam kamar tidur. Pilih warna-warna netral seperti putih, abu-abu muda, krem, atau warna yang mengandung unsur natural, seperti warna kayu. Warna lemari pakaian yang natural sangat mudah dipadukan dengan perabot serta aksesoris lainnya di kamar tidur. Sebaiknya tidak memilih lemari pakaian yang berwarna gelap karena akan menimbulkan kesan ruangan penuh dan terlihat sempit. Kamu juga harus lebih cermat dan selektif dalam memilih material lemari pakaian untuk kamar tidur minimalismu. Terdapat berbagai pilihan bahan untuk lemari pakaian, yaitu bahan kayu, plastik, particle board, dan dari bahan kain. Setiap materi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Desain lemari pakaian untuk kamar kecil sebaiknya menggunakan bahan kayu.

Selain terlihat natural, bahan kayu juga jauh lebih kuat dan kokoh. Bahan kayu terbukti awet dan tahan terhadap perubahan cuaca sehingga tidak mudah lapuk. Berikut adalah macam-macam desain lemari pakaian yang bisa kamu jadikan inspirasi. Desain lemari pakaian yang tertanam di dinding (built-in storage) merupakan lemari yang dibuat dengan memberikan dimensi ruang pada dinding. Lemari pakaian tipe lemari ini cocok buat kamu yang Ingin memiliki ruang penyimpanan yang besar sekaligus menjaga kerapian dan keseimbangan tata ruang di dalam kamar tidur. Kamu bisa mencoba desain lemari ini untuk kamar tidur kamu yang minimalis. Kamu juga bisa memilih variasi dari model lemari pakain ini seperti menyatu dengan meja kerja atau menyatu dengan tempat tidur. Ada pendapat yang mengungkapkan bahwa memasang kaca cermin di suatu ruangan dapat membuat ruangan terasa lebih luas. Biasanya, kaca cermin sering dipasang menyatu dengan lemari. Melalui kaca cermin tersebut, maka ruang kamar tidur akan tampak lebih lega. Tips untuk memilih lemari pakaian di kamar tidur berukuran kecil adalah dengan menggunakan pintu geser.

Pintu lemari pakaian pintu geser lebih efektif menyimpan spaces dibandingkan pintu berengsel yang membutuhkan ruang lebih di sebelah kanan dan kiri lemari agar pintunya dapat dibuka. Dengan menggunakan lemari pakaian sliding, kamar tidur minimalis akan tetap terasa lega. Selain desain yang minimalis dan sederhana, pintu geser juga bisa memberi kesan elegan, namun tetap fungsional karena dapat menghemat ruang. Lemari pakaian pintu geser juga membuat penggunaannya terasa lebih praktis. Kamu bisa meletakkan lemari dengan pintu geser ini di sebelah tempat tidur, meja rias, atau meja belajar. Dengan memilih desain lemari pakaian pintu geser yang sekaligus terdapat kaca cermin pada pintunya, maka kamu bisa langsung mendapatkan dua keuntungan dalam satu waktu. Desain lemari pakaian ini bisa memberikan kesan modern yang stylish bagi kamar tidur kamu yang minimalis. Memilih desain lemari pakain yang menggunakan rak terbuka bisa menghindari kesan sumpek karena kamar tidur minimalis banyak menyimpan furniture besar. Kamu bisa menggunakan desain lemari pakaian rak terbuka untuk mendapatkan tampilan effortless dari baju-baju yang dibiarkan menggantung. Desain lemari ini juga bisa berperan sebagai elemen dekor kamar. Selain itu, lemari pakaian dengan rak terbuka bisa kamu buat sendiri (do it yourself) dengan mudah. Kamu hanya perlu membeli rak, tempat gantungan baju, dan beberapa kotak kain.