Berapa jam anda berada di kantor duduk di kursi dan menatap layar komputer ? Sebenarya kebiasaan tersebut bukanlah hal yang baik untuk kesehatan tubuh. Penelitian mengungkapkan bahwa duduk sepanjang hari sama buruknya seperti kebiasaan merokok. Dampak buruk terkecilnya pasti sudah bisa anda rasakan, yaitu punggung dan sendi yang terasa nyeri apabila kita duduk terlalu lama.

Hal ini tentu saja sulit untuk dihindari, terutama anda yang tidak boleh sedikit pun meninggalkan pekerjaan anda di meja kantor. Namun berikut ini ada tips sehat, bagaimana cara agar membuat duduk sepanjang hari menjadi sedikit menyehatkan untuk tubuh anda :

Untuk memperlancar sirkulasi darah anda selama duduk di depan meja kantor, beri sandaran pada kaki. Anda dapat gunakan kotak, atau pijakan yang lebih tinggi lainnya. Letakan di bawah meja tempat biasa anda meletakan kaki. Dengan demikian maka hal ini dapat mencegah anda menyilangkan kaki yang bisa menyebabkan kaku dan sakit pinggul.

Ambil bola
Bola latihan tidak hanya bisa dipakai untuk gym atau yoga. Jika anda memilikinya di rumah, maka anda dapat membawanya ke kantor kemudian gunakan bola tersebut sebagai tempat duduk anda. Duduk di atas bola besar tersebut dapat membantu mengatur postur tubuh anda dan menguatkan inti tubuh.

Pasang alarm untuk bangkit
Anda harus melakukan hal ini jika bekerja mulai dari pukul 9 pagi dan tidak beranjak dari tempat duduk hingga jam makan siang tiba. Atur alarm di ponsel anda atau komputer setiap satu jam untuk anda bangkit selama lima menit dari tempat duduk anda. Kemudian bisa juga ditambahkan sedikit melakukan peregangan, berjalan-jalan untuk mengambil minum, atau sekedar menyapa ke bilik teman di sebelah anda.

Olahraga di siang hari
Jangan terlalu sering bermalas-malasan di meja kerja anda. Seperti misalnya meminta makan siang untuk diantarkan ke meja kerja anda. Hal-hal seperti ini justru yang dapat membuat kesehatan tubuh anda menurun akibat terlalu sering duduk di kantor. Olahraga yang dimaksud pada poin ini bukan berarti harus yang merepotkan anda. Hal ini dapat anda lakukan dengan mudah, salah satunya adalah dengan berjalan keluar kantor sambil mencari tempat makan siang bersama rekan kantor anda.