Jenis meja kantor dan ukurannya sangatlah beragam mulai dari bentuk sampai dengan kegunaannya. Kamu bisa melihatnya langsung jika berkunjung ke kantor atau suatu perusahaan biasanya ada banyak sekali jenis dan macam macam meja kantor yang digunakan. Kali ini kita akan berbicara mengenai jenis jenis meja kantor serta fungsi dibalik kegunaannya yang mana banyak orang tidak mengetahuinya. Karena meja kerja satu dengan yang lainnya ada perbedaan fungsi, maksud dan tujuannya juga berbeda. Kita bahas satu persatu dimulai dari macam atau jenisnya, fungsinya sampai dengan ukurannya. Meskipun akan berbeda tergantung merek meja kerja yang digunakan, namun ini berdasarkan ukuran rata rata. Meja kerja direksi atau eksekutif ini haruslah berbeda dengan meja biasa yang digunakan dalam perusahaan. Karena didalam ruangan kerja direksi / eksekutif seseorang petinggi perusahaan biasanya sering melakukan pertemuan penting dengan klien perihal negosiasi atau deal suatu proyek besar. Jika dari meja kerjanya saja sama seperti meja kerja pada umumnya, maka klien yang masuk keruangan itu tidak merasa adanya intimidasi sehingga bisa saja lebih menyepelekan petinggi perusahaan tersebut. Jadi bisa dibilang karakteristik meja direksi itu haruslah memiliki aura wibawa yang baik dan cenderung mengintimidasi seseorang yang masuk demi menjaga kehormatan perusahaan.

Untuk modelnya ada banyak sekali macamnya, mulai yang berbentuk model letter L dimana komputer berada disamping sampai yang berbentuk panjang dan besar agar lebih enak untuk menerima 2-3 tamu sekaligus didepan meja direksi. Biasanya ukurannya adalah panjang 2 meter, tinggi minimal 74 cm, lebar minimal 80 cm. Hal ini tergantung faktor ruangan dan merek meja yang digunakan. Meja kerja selanjutnya adalah meja meeting perusahaan. Kita tahu sendiri kegunaan meja ini adalah untuk bertemunya dan berkumpulnya banyak orang untuk membahas suatu hal yang penting di satu meja bersama. Dari bentuknya juga berbeda, ada yang berbentu bulat, lonjong, kotak, letter u, sampai berbentuk ouval. Dari fungsinya pun berbeda beda tergantung dengan bentuk dan model meja kerja yang digunakan. Untuk ukurannyapun juga berbeda beda tergantung dari ruangan, dan jumlah minimal meeting yang sering digunakan.

Misal untuk customers service atau call center menggunakan meja kerja berupa bilik bersekat. Hal ini digunakan agar tidak mengganggu kerja antara staf dan meminimalisir hilangnya fokus dalam bekerja. Karakteristik meja staff yang terpenting adalah simple tidak terlalu panjang dan lebar, karena hanya diperlukan untuk layar komputer beserta keyboard saja. Untuk meja sekertaris juga memiliki kegunaan dan karakteristik yang berbeda dengan meja lainnya di kantor. Biasanya yang paling umum adalah menggunakan meja letter L dengan membelakangi tembok. Biasanya meja kerja ini diletakkan didepan ruangan direksi atau direktur. Selain untuk kerja, meja sekertaris juga digunakan untuk menerima tamu dengan duduk sembari menunggu ruang direksi kosong dan bisa digunakan. Meja yang terletak dimuka perusahaan sesudah masuk kedalam kantor ini juga sangatlah penting. Karena meja ini yang menjadi gambaran umum bagaimana kantor didalamnya. Karakteristik meja resepsionis biasanya memiliki tinggi yang cukup untuk orang berdiri dan bertatap muka.