Jika dilihat dari namanya sebuah lemari arsip tentunya dapat digunakan untuk menyimpan arsip atau dokumen baik untuk di kantor atau pun untuk kebutuhan pribadi. Adapun jenis-jenis lemari arsip yang perlu anda ketahui agar bisa membedakan berdasarkan fungsinya.

  1. Lemari Arsip Kayu

Jenis lemari arsip ini banyak digunakan, selain untuk menyimpan arsip tentunya dapa digunakan juga sebagai tempat pajangan atau untuk memperindah suatu ruangan. Lemari arsip kayu ini mempunyai berbagai macam desain yang modern selain hanya memiliki 2 pintu saja terdapat juga lemari arsip kayu dengan model kaca yang selain untuk menyimpan arsip dapat digunakan untuk menyimpan sebuah pajangan baik foto, piagam penghargaan maupun yang lainnya.

  • Lemari Arsip Besi

Lemari arsip besi ini tentunya memang sering digunakan untuk menyimpan arsip karena selain memiliki kualitas yang kokoh lemari ini juga memang sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan arsip. Lemari arsip besi biasanya mempunyai 2 bentuk ukuran yaitu dengan type pendek dan juga type tinggi dengan ukuran ketinggian kurang lebih 2 meter. Selain itu terdapat juga beberapa desain seperti lemari sliding, lemari sliding kaca dan juga lemari 2 pintu.

  • Lemari Arsip Filling Cabinet

Lemari arsip jenis cabinet ini mempunyai beberapa lacai sebagai tempat untuk meyimpan arsip tersebut. Adapun pilihan laci yang bisa digunakan yaitu 2 laci, 3 laci, 4 laci hingga 5 laci yang dilengkapi dengan kunci central lock.

  • Lemari Arsip Mobile File

Untuk lemari arsip jenis mobile file ini mempunyai ukuran yang lebih besar dan biasanya ditempatkan disebuah gudang . Mobile file ini dilengkapi dengan roda yang berfungsi agar lebih mudah untuk di gerakan. Terdapat juga beberapa compartment yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kedaan ruangan tempat penyimpanan mobile file ini.

Itulah beberapa jenis lemari arsip, yang tiap jenisnya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing namun tetap mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk menyimpan beragam arsip.