Kursi sekolah merupakan perabot atau furniture sekolah yang konstruksinya harus benar-benar kuat karena mebelair ini satu-satunya mebel sekolah yang pemakaiannya sangat intensif, penting dan terpengaruh langsung oleh aktifitas murid sekolah. Terkadang anak-anak sekolah kurang hati-hati dalam pemakaian kursi sekolah sehingga bila kursi dibuat tanpa mengikuti standard konstruksi yang bagus tentunya cepat rusak. Rusaknya kursi sekolah selain karena pemakaian juga disebabkan oleh konstruksi yang tidak bagus, dan bahan baku kayu yang tidak padat atau kuat.

  1. Pemilihan bahan baku kayu untuk kursi sekolah. Pilih kayu yang memiliki kepadatan yang bagus seperti jati, akasia , mahoni. Tanda-tanda kayu yang memiliki kepadatan yang bagus yaitu berat.
  2. Pilih dari produsen yang sudah pengalaman lebih dari 3 tahun. Semakin berpengalaman tentunya semakin banyak masukan yang dia peroleh dari pembeli dan juga sudah membuktikan sendiri perbedaan daya tahan dari tiap konstruksi. Intinya sambungan baik frame/rangka dan papan harus memakai purus dan pasak. Ini wajib karena tanpa purus apalagi kok hanya dengan paku tentu dalam waktu 1 bulan sudah terlihat sambungan goyang, renggang kemudian lepas. Kalau sudah rusak tentu merugikan sekolah.
  3. Utamakan produsen yang sudah punya stok meja kursi sekolah. Karena dana yang dipakai untuk membeli meja kursi sekolah merupakan dana sekolah baik itu dari pemerintah ataupun swadaya, tentu keamanannya menjadi prioritas utama. Jangan sampai anda terjerumus ke transaksi yang tidak valid. Kontak ke produsen dan mintalah untuk pembayaran Cash On Delivery. Barang datang baru dibayar. Bila diminta transfer di depan, sebaiknya dipertimbangkan dulu. Kondisi ini merupakan solusi untuk era digital saat ini. Boleh jadi bila sistem bisnis online sudah benar-benar amanah tak mengapa cash in advance.
  4. Last but not least, pertimbangkan ongkos kirim. Produsen biasanya memberikan free ongkos kirim untuk order 1 truk. Bila jumlah sedikit cobalah untuk diskusi dengan sekolah terdekat barangkali order bisa digabung agar bisa mencapai jumlah 1 truk. Bila tidak ada, anda bisa koordinasi dengan produsen barangkali ada rute yang sama sehingga bisa free ongkir. Bila langkah tersebut sudah ditempuh dan memang harus membayar ongkir, mintalah semua ongkir dibayar bersamaan saat menerima barang. 1. Kursi Sekolah Minimalis. Disebut rata minimalis karena papan kayu sandaran dan dudukan rata dengan frame/rangka kursi. Bila model kursi sekola hrata samping maka daun meja sekolah juga menyesuaikan rata samping sehingga bisa serasi.

Ukuran tetap sama hanya sistem pemasangan papan sandaran yang berbeda. Lebih rapi dan lebih kuat karena papan sandaran dibuat purus yang masuk ke rangka kaki kursi. Tetapi jarang permintaan model ini karena proses pembuatan lebih lama. Stok di produsen pun jarang. Tetapi kami bisa membuatkan dengan model kursi ini. Disebut kursi sekolah standard karena design kursi ini paling banyak dijumpai di berbagai sekolah di tanah air. Papan dudukan dan sandaran ditempel ke frame kursi dengan baut dan lem kayu, biasanya diberi sisa 1 sd 2 cm keluar dari frame. Konstruksi ini lebih mudah dan lebih cepat. Pada sandaran sistem pemasang papan dengan dilem kayu kemudian disekrup dari belakang. Lebih cepat karena tidak perlu membuat lubang purus dan pasak. Jadi lebih cepat. Soal keawetan sangat ditentukan oleh jenis lem dan panjang sekrup. Produsen yang sudah berpengalaman tentu bisa mengkondisikan menjadi kuat. Berikut foto kursi sekolah model tsb. Model ini sangat umum dan kami memiliki banyak stok kursi seperti ini karena proses cepat dan mudah. Disebut split karena dudukan kursi dibuat membelah, seolah terdiri dari dua papan. Ukuran sama hanya mungkin sedikit unik dilihat dari model dudukannya. Model bangku sekolah ini dulu paling banyak dipakai pada tahun 1980 an, mungkin karena waktu itu stok kayu jati masih murah dan berlimpah sehingga harga kayu jati masih terjangkau oleh anggaran pengadaan bangku sekolah. Inilah awal mula disebut “bangku sekolah”, sehingga ada istilah “mengenyam bangku sekolah” karena dulu memang meja sekolah menjadi satu set dengan bangku panjang. Harganya lebih mahal karena membutuhkan papan jati yang panjang dan frame bangku yang serba panjang pula. Bangku sekolah ini agak jarang ditemukan, karena harga paling mahal dibanding model meja sekolah kayu yang lain. Lebih nyaman dari bangku sekolah standard karena bangku ini ada sandarannya. Demikian tadi 5 model kursi yang umumnya dipakai di sekolah-sekolah baik SD SMP ataupun SMA. Untuk model meja sekolah silakan klik halaman meja sekolah.

Paradigma pembelajaran siswa masih berkutat soal ranking. Padahal, maknanya jauh di atas itu. Mulai dari membangun karakter siswa sampai kecakapan berpikir kritis. Diakui Director Education Cambridge International Tristian Stobie, kebanyakan siswa dan orang tua masih berorientasi pada ranking di sekolah. Guru pun demikian, tak jarang menekankan nilai pada siswa dalam sistem pembelajaran. Padahal, dalam pendidikan, hal terpenting yang harus dicapai bukan lah sekadar ranking. Siswa harusnya didorong untuk mencapai potensi optimal mereka bukan sibuk dibandingkan dengan siswa lain. Chris Watkins mempunyai gagasan tentang perubahan tersebut. Bagaimana pendidikan harus bertransisi dari orientasi prestasi (performance orientation) ke orientasi pembelajaran (learning orientation). “Tapi ini sulit ketika orang tua ingin nilai-nilai bagus dan ingin anak-anak mereka masuk Harvard, Yale, Oxford atau Cambridge. Perubahan ini, kata dia, sudah diterapkan di Singapura. Menurutnya, pemerintah sudah tak lagi berfokus pada urusan kompetisi akademik. Ranking bukan lagi indikator dalam pendidikan dasarnya. Langkah ini juga sekaligus menghilangkan soal siapa paling tinggi nilainya dan paling rendah di kelasnya. “Ini adalah revolusi melawan pemikiran orang tua di Singapura yang sangat kompetitif dan berbasis pada nilai,” katanya.