Meletakkan tanaman di dalam ruangan seperti meja kerja bisa menjadi cara murah untuk mencerahkan dekorasi ruang kantor.

Sebuah studi terbaru di Jepang menunjukkan bahwa memelihara tanaman juga bisa meningkatkan kesehatan mental kita di tempat kerja.

Orang-orang yang meletakkan tanaman kecil di meja kerja mereka mempunyai tingkat kecemasan dan stres yang lebih rendah pada akhir periode empat minggu durasi penelitian.

Dalam studi ini, peneliti memberi instruksi pada 63 partisipan yang bekerja penuh waktu untuk beristirahat selama tiga menit ketika mereka merasa lelah. Masa istirahat itu lalu dipakai untuk merawat, menyirami, dan menatap tanaman meja.

Tanaman yang paling populer dipilih kokedamas Jepang dan sukulen.
Selama empat minggu, para peserta dicatat denyut nadi mereka (indikator yang baik untuk respon stres tubuh) sebelum dan sesudah melihat tanaman dan mengisi survei yang mengukur tingkat psikologis dan tingkat kecemasan mereka.

Sekitar 27 persen peserta mengalami penurunan signifikan dalam denyut mereka pada akhir periode perawatan tanaman, dan sebagian besar skor kecemasan peserta juga menurun.

Lalu, apa yang membuat tanaman di meja kerja sangat membantu? Melihat tanaman menghadirkan distraksi yang sehat dan restoratif dari tumpukan tugas di kantor, menurut penulis studi.

Sementara itu, studi lain menunjukkan bahwa alam dapat berfungsi sebagai penangkal stimulasi berlebih atau kelelahan perhatian, serta meningkatkan kinerja kognitif.

Selain melihat tanaman hijau, para peneliti menulis bahwa memiliki rasa peduli pada tanaman akan menambahkan keterlibatan emosional yang ringan tapi bermakna.

Kendati begitu, para peneliti mencatat bahwa tanaman mati tidak mempunyai efek sangat mendalam pada kondisi stres psikologis peserta.