Menghabiskan waktu selama berjam-jam di ruang kerja kantor tentu sangat melelahkan. Ditambah lagi dengan aktivitas yang mengharuskan kita untuk terus duduk di depan komputer atau laptop, tidak jarang membuat punggung dan pinggang terasa pegal-pegal. Apabila dibiarkan, hal ini tentu akan berpengaruh pada kesehatan dan performa kita selama bekerja.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengantisipasi permasalahan akibat berlama-lama duduk saat bekerja adalah dengan cara memilih kursi kantor yang tepat. Selain faktor kenyamanan, Anda juga perlu mempertimbangkan faktor keamanan untuk menghindari dampak buruk pemakaian jangka panjang,

Berikut ini beberapa fitur yang perlu Anda perhatikan saat membeli kursi kantor.

Tinggi Kursi

Kursi kantor yang baik umumnya memiliki tuas pengatur tinggi kursi yang bisa disesuaikan berdasarkan orang yang mendudukinya. Semakin panjang ukuran kaki seseorang, maka semakin tinggi pula kursi kantor yang harus diduduki.

Cara menentukan tinggi kursi adalah dengan mempraktikkan cara duduk yang tepat. Saat berada di depan meja komputer, Anda sebaiknya duduk dengan tegak, kedua telapak kaki menempel di lantai, sementara paha lurus, dan tangan sejajar dengan tinggi meja. Hal ini untuk menjaga agar struktur tulang pada leher, punggung, tangan, dan kaki Anda selalu dalam kondisi normal.

Bantalan Kursi

Saat memilih kursi kantor, pastikan bantalan kursi tersebut nyaman untuk Anda duduki. Agar tidak sakit saat digunakan dalam waktu yang lama, sebaiknya Anda memilih bantalan yang cukup empuk. Selain itu, pastikan pula bantalan tersebut cukup lebar sehingga Anda tidak merasa terjepit ketika mendudukinya.

Elastisitas bantalan kursi dapat memengaruhi sirkulasi darah pada daerah pinggul dan paha. Itulah mengapa saat duduk berlama-lama di kursi yang keras, Anda terkadang merasa sakit, pegal-pegal, atau kesemutan.

Sandaran Punggung

Dalam keadaan normal, tulang punggung manusia memang tidak benar-benar lurus. Ada sedikit lengkungan ke belakang pada bagian thorax (12 tulang dada) dan sedikit lengkungan ke

depan pada bagian lumbal (5 tulang bagian bawah). Namun jika lengkungan tersebut berlebihan, itu berarti struktur tulang seseorang memang sedang bermasalah.

Untuk menghindari berbagai jenis permasalahan tulang belakang, kursi kantor yang Anda pilih sebaiknya memiliki kontur, yang sesuai dengan struktur alami tulang belakang. Dengan demikian, saat duduk, otot punggung dan tulang belakang akan selalu tersokong oleh sandaran tersebut sehingga Anda terhindar dari risiko cedera.

Lengan Kursi

Setelah selesai mengetik di depan komputer, Anda tentu merasa lelah dan perlu mengistirahatkan tangan sejenak. Untuk itu, Anda bisa menyandarkan tangan pada lengan kursi kantor.

Agar otot-otot pada lengan bisa relaks, Anda perlu memilih kursi kantor yang memiliki sandaran lengan berbahan empuk dengan bentuk yang agak melengkung sesuai struktur tulang lengan. Jika otot-otot yang tegang sudah kembali nyaman, Anda bisa melanjutkan aktivitas mengerjakan tugas-tugas yang belum selesai.

Kemiringan Kursi

Dalam kondisi menghadap layar komputer, tubuh Anda harus berada pada posisi tegak lurus. Sementara itu, jarak antara mata dan layar pun jangan sampai terlalu dekat. Akan tetapi, dalam keadaan santai, Anda tentu boleh memiringkan sedikit kursi Anda agak ke belakang. Hal itu berguna untuk meregangkan tulang leher, tulang belakang, serta tulang kaki Anda dalam posisi berselonjor.

Apabila ingin memejamkan mata sejenak, Anda bisa menambah lebar sudut kemiringan kursi. Namun Anda juga perlu berhati-hati. Jika terlalu ke belakang, bisa-bisa Anda terjengkang. Malah jadi repot kan?

Pemutar

Kadang kala, Anda mungkin perlu berbalik ke kanan, kiri atau bahkan mencari berkas di meja belakang. Tanpa perlu beranjak, Anda bisa melakukannya hanya dengan memutar kursi saja. Hal itu tentu sangat memudahkan Anda saat bekerja.

Untuk memastikan bahwa pemutar kursi tersebut cukup kuat, Anda bisa mencoba menduduki sambil memutarnya terlebih dahulu. Kursi yang kuat tidak akan mengeluarkan bunyi derit saat diduduki sambil diputar.

Roda

Tidak hanya berputar haluan, saat berada di atas kursi kantor, terkadang Anda perlu beranjak ke tempat yang sulit dijangkau, seperti laci di bawah kaki atau di meja lain yang berjarak lebih dari 2 meter. Keberadaan roda pada kursi kantor tentu sangat membantu Anda saat bergerak tanpa harus berdiri dari atas kursi.

Saat memilih kursi kantor yang memiliki roda, pastikan roda tersebut dapat menggelinding dengan lancar tanpa tersendat. Dengan begitu, Anda bisa bergerak dengan lebih mudah untuk menemukan yang berkas-berkas yang sedang Anda cari.

Mengetahui fitur-fitur kursi kantor beserta kegunaannya sangat penting agar Anda bisa menentukan kursi yang tepat, yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Namun sebenarnya, masih ada beberapa hal lain yang perlu Anda cermati sebelum memutuskan untuk membeli kursi kantor yang tepat.

Bahan

Saat memilih kursi kantor, pastikan bahan yang digunakan tidak terlalu keras. Selain bisa menghambat sirkulasi darah, pemilihan kursi yang keras juga bisa membuat tubuh Anda mudah pegal dan sakit. Jadi, Anda perlu memastikan bahwa kursi kantor yang Anda pilih cukup empuk dan nyaman.

Selain itu, sebaiknya Anda juga mempertimbangkan bahan yang kedap air sehingga mudah saat dibersihkan. Pastikan pula bahan tersebut aman untuk kulit Anda.

Ukuran

Kursi kantor umumnya memiliki ukuran yang bervariasi. Jika kursi kantor tersebut terlalu kecil, Anda tentu akan merasa terjepit. Sebaliknya, apabila kursi tersebut terlalu lebar, pastikan bahwa posisi duduk Anda tepat di tengah-tengah kursi guna menghindari kursi yang miring ke kanan atau ke kiri. Selain itu, kursi yang terlalu lebar juga akan menyulitkan Anda saat menggapai lengan kursi untuk mengistirahatkan tangan.

Dengan demikian, Anda perlu memilih kursi yang sesuai dengan ukuran tubuh Anda.

Kualitas

Apakah kursi-kursi di kantor Anda sering diganti karena sudah tidak layak digunakan lagi? Padahal, baru beberapa bulan dibeli, tetapi saat diduduki, malah bisa membuat orang terjengkang. Jika memang benar demikian, maka sungguh sangat disayangkan.

Agar kursi-kursi di kantor Anda bisa bertahan lebih lama, maka sebelum membeli, Anda perlu memastikan terlebih dahulu bahwa kursi-kursi tersebut cukup kuat dan memiliki kualitas yang bagus. Berikut ini cara memeriksa kuat atau tidaknya kursi kantor Anda.

– Roda

Pastikan roda terpasang dengan baik dan bisa menggelinding dengan lancar saat digerakkan ke berbagai arah.

– Pemutar Kursi

Jika berfungsi dengan baik, kursi kantor dapat diputar hingga 360 derajat tanpa mengeluarkan bunyi derit, sekalipun dalam kondisi sedang diduduki,

– Tuas

Pengatur tinggi kursi umumnya terdapat pada tuas yang terletak di bawah dudukan kursi. Untuk memastikan bahwa tuas tersebut berfungsi dengan baik, Anda bisa mencoba mendudukinya sambil menarik tuas dan mengatur tinggi rendahnya kursi.

Beban

Satu hal lagi yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih kursi kantor adalah orang-orang yang akan menduduki kursi tersebut. Tentu saja, hal ini berkaitan erat dengan bobot tubuh orang yang duduk dengan daya muat maksimal kursi. Untuk itu, pastikan Anda memilih kursi yang tepat untuk orang-orang yang tepat.

Memilih kursi kantor bukan hanya sekadar bisa duduk dan mengerjakan tugas kantor. Lebih dari itu, ada risiko kesehatan yang senantiasa mengintai para pekerja kantoran yang menghabiskan waktu untuk duduk selama berjam-jam setiap hari. Untuk itu, Anda perlu cermat dalam memilih kursi kantor dengan memperhatikan fitur-fitur dan aspek penyusunnya guna menunjang kesehatan tubuh para karyawan.