Sejumlah penelitian sudah menandakan jika kondisi meja dapat mencerminkan kepribadian atau memberi pengaruh sistem kerja pemiliknya. Mereka yang punya meja acak-acakan dikatakan lebih kreatif dalam berprofesi sedangkan pemilik meja rapi lebih produktif ketika mengatasi tugas. Konsultan psikologi lingkungan Lily Bernheimer malah membagi lima macam meja kerja layak kepribadian. Yang mana yang sepertinya mirip dengan meja Anda?

1. Meja Berantakan

Karyawan dengan meja yang banyak barang dan tidak rapi dikatakan kurang produktif dalam mengerjakan tugas. Tapi pemilik meja acak-acakan belum tentu tidak asik diajak berteman atau bekerjasama. Berdasarkan Lily, pegawai yang punya meja acak-acakan cenderung lebih ekstrover dan mendapatkan para kolega.

Sayangnya, pemilik meja acak-acakan punya sebagian kelemahan. Mungkin karena terlalu sibuk, mereka kadang tidak punya waktu untuk membenahi meja dan kurang bersosialisasi dengan kolega.

2. Meja Minimalis

Meja Anda hanya punya sebagian barang yang dibentuk secara rapi? Artinya Anda si minimalis yang tidak terlalu ekstrover tapi bukan juga seorang intorver. Orang dengan meja yang terorganisir lazimnya punya ekstra disiplin, kesadaran, dan kewaspaan. Mereka juga dikenal pekerja keras, dapat dipercaya, berorientasi pada prestasi, dan suka berencana.

Tapi jangan dulu berbangga punya meja yang terlalu rapi. Bisa jadi hal hal yang demikian menjadi petunjuk Anda kurang betah berprofesi. Lily mengatakan meja yang sangat bersih tanpa sentuhan personal membikin Anda menonjol tidak berencana menetap lama di kantor hal yang demikian.

3. Meja Berbatas

Tak segala karyawan beruntung punya meja dengan sekat dan batas yang jelas. Untuk itu, sebagian pekeraja bersikap sangat defensif terhadap wilayahya. Andakah salah satunya? Lily membongkar jika orang seperti itu lazimnya memiliki personaliti yang dominan dan sedikit agresif. Seandainya Anda punya rekan seperti itu sebaiknya hindari berkonflik tapi jangan ingin kalah ketika ‘perebutan’ kawasan.

4. Meja Personal

Dalam kantor pasti ada sebuah meja yang penuh dengan sentuhan pribadi, seperti foto, buku, atau mungkin tanaman. Orang seperti itu lazimnya suka estetika, simpel, dan terbuka. Mereka juga dikenal kreatif, trampil, lebih puas dengan kariernya, dan ingin mencoba pengalaman baru. Karyawan seperti ini malah lebih menguntung untuk rekan dan atasan.

5. Meja Tersembunyi Banyak orang menghindari lokasi meja yang berada di tengah atau kerap dilalui orang. Seandainya Anda juga lebih memilih berprofesi di tempat tersembunyi dapat dikatakan Anda si pemerhati yang kurang suka terlalu banyak gangguan, rangsangan, atau interaksi. Lazimnya orang-orang seperti ini lebih memlih duduk di zona belakang. Walaupun kadang menonjol penyendiri, pemilik meja tersembunyi yang kebanyakan introver dievaluasi sangat kreatif dan produktif.