Dewasa ini, tersedia begitu banyak furniture, mulai dari kitchen set, lemari pakaian, meja belajar anak, rak buku, rak sepatu, dan beragam furniture lainnya yang memakai bahan baku partikel board. Apa itu partikel board ?

Partikel board adalah remahan-remahan kayu yang disatukan dengan perekat khusus sehingga menjadikan remahan hal yang demikian suatu produk papan yang cukup berkwalitas.

Partikel board banyak digemari masyarakat lantaran bobotnya yang ringan dan harganya yang terbilang cukup terjangkau. Bagi Anda pecinta furniture berbahan baku partikel board, berikut ini adalah beberapa kiat untuk merawat furniture partikel board agar tetap awet dan tahan lama:

1. Hindari meletakkan furniture berbahan partikel board pada tempat dengan suhu lembab

2. Jika furniture partikel board Anda berupa meja makan, sebaiknya lapisi piring atau gelas yang basah agar lapisan partikel board tidak ikut serta basah, dan sekiranya lapisan meja berbahan partikel board Anda terlihat basah lantas lap dengan lap yang kering;

3. Jika Anda menjumpai jamur pada furniture partikel board kesayangan Anda, lantas bersihkan jamur dengan memakai lap kering lebih-lebih dulu, selanjutnya lakukan pengelapan ulang dengan memakai obat pembersih kaca dan diakhiri lagi dengan pengelapan memakai lap kering.

Lakukan perawatan seperti ini setidaknya dua pekan sekali untuk menghindari pertumbuhan jamur yang tidak diinginkan pada furniture kesayangan Anda;

4. Hindari pengaplikasian tinner pada furniture sebab tinner dapat merusak lapisan kertas furniture Anda;

5 .Hindari bobot yang terlalu berat untuk laci atau rak buku yang berbahan partikel board. Berat ideal yang kapabel ditopang furniture dengan bahan partikel board berkisar antara 5-10 kg.

Jika furniture berbahan partikel board dipaksa menopang bobot lebih dari 10 kg akan berimbas pada situasi furniture yang melengkung bahkan jebol.