Dokumen berharga maupun barang berharga harus disimpan dengan benar supaya tidak bercecer dan hilang. Dokumen memiliki bentuk yang sama antara satu dengan lainnya sehingga perlu alat atau tempat yang digunakan untuk memisahkan dokumen tersebut. Jadi, meskipun bentuknya sama, si penyimpan sudah tahu bahwa dokumen yang ia ambil adalah dokumen yang benar.

Sedangkan barang berharga, misalnya barang antik perlu disimpan dengan benar supaya tidak mudah rusak. Biasanya barang-barang antik disimpan dalam lemari kaca supaya bisa dilihat. Lemari Arsip memiliki banyak model tergantung dengan fungsinya masing-masing. Loker ini biasanya digunakan untuk menyimpan barang-barang siswa di sekolah. Setiap siswa memiliki lokernya masing-masing. Loker dokumen ini biasanya digunakan sebagai tempat menyimpan dokumen karyawan di mejanya masing-masing.

Sama dengan model sebelumnya, namun model ini memiliki lebih banyak loker. Biasanya digunakan sebagai loker bersama karyawan lainnya. Lemari model ini biasanya ditemukan di kantor-kantor atau sekolah. Cocok digunakan guru untuk menyimpan tugas para siswa. Lemari besi dengan model sederhana ini cocok diletakkan di dalam rumah yang minimalis. Meskipun modelnya sederhana dan hanya terdiri dari satu warna, sentuhan vintage-nya tetap ada.

Lemari yang polos ini bisa diisi dengan buku-buku favorit dan dokumen pekerjaan lainnya. Bagi orang-orang suka mendekorasi rumahnya, model pendek dengan satu warna ini cocok untuk dipilih. Dengan modelnya yang pendek, bagian atas dari lemari arsip ini bisa dipajang foto keluarga maupun bunga dalam vas. Model lemari arsip loker banyak dicari oleh orang-orang yang pekerjaannya berkutat dengan dokumen-dokumen penting. Meskipun identik dengan pekerjaan, namun desain dari lemari arsip juga harus sesuai dengan ruang kerja yang digunakan.

Model dua tumpuk cocok digunakan untuk menyimpan dokumen penting yang ada di rumah. Karena dokumen di rumah biasanya tidak banyak, dua tumpuk lemari yang diletakkan di pojok ruangan saja sudah cukup. Model lemari arsip dengan banyak loker seperti ini cocok bagi orang-orang yang memiliki kesulitan dalam memisahkan dokumen. Dengan loker yang banyak, dokumen berharga bisa dengan mudah dipisahkan sesuai dengan kebutuhannya. Jika tidak memiliki terlalu banyak dokumen untuk disimpan, model sederhana ini bisa menjadi pilihan. Bentuk dan modelnya sederhana, cocok diletakkan di mana saja.

Model kombinasi ini tidak hanya difungsikan sebagai penyimpan dokumen. Bagian atasnya bisa digunakan untuk meletakkan benda-benda favorit maupun buku bacaan. Dibuat secara handmade, model lemari ini cukp mahal bagi kalangan menengah ke bawah. Model ini cocok dipilih bagi mereka yang menyukai konsep ruangan dengan gaya industrial. Sentuhan vintage dan modern menyatu dalam satu desain yang minimalis. Model minimalis banyak dipilih karena cocok diletakkan di berbagai bentuk ruangan. Model minimalis memiliki sisi elegan sekaligus modern. Model minimalis adalah model lemari arsip yang tidak pernah salah. Karena bahannya dari kaca, dokumen yang ada di dalamnya jadi lebih mudah terlihat. Hal ini memudahkan dokumen yang disimpan di dalam lemari menjadi mudah dicari. Model minimalis cocok untuk diletakkan di mana saja karena bentuknya yang tidak terlalu beragam. Lemari berwarna hitam selalu memiliki ketertarikan tersendiri. Dilengkapi dengan roda membuat lemari ini lebih mudah untuk dipindahkan. Sangat cocok bagi wanita yang biasanya kesulitan memindahkan barang besar. Model pendek ini cocok digunakan sebagai lemari arsip sekaligus tempat memajang benda-benda favorit maupun foto keluarga di atasnya.