Musim Hujan Membuat Lemari Kalian Berjamur? Yuk Simak Tips Cara Membersihkannya

Musim Hujan Membuat Lemari Kalian Berjamur? Yuk Simak Tips Cara Membersihkannya

Udara lembab pada bulan November memang sejuk dan comfy banget untuk kalian yang suka rebahan dan malas-malasan, terutama bagi kalian yang lagi ga ada kuliah atau males ke kantor karena hujan lebat. Tapi terkadang kalian lupa sama furnitur rumah favorit kalian seperti lemari pakaian yang menyimpan barang-barang kesayangan seperti baju dan mungkin tas kesayangan juga. Udara yang lembab akan membuat lemari menjadi mudah berjamur dan parahnya lagi akan membuat isi lemari memiliki bau yang kurang sedap. Niat hati ingin bermalas-malasan, malah menjadi banyak pekerjaan dan harus membersihkan lemari lagi. Yuk simak tips berikut agar kalian dapat mencegah pertumbuhan jamur pada lemari!

Alchohol

Sebelum jamur bersarang pada lemari pakaian, kalian dapat mencegahnya dengan cara menggunakan alchohol. Bingung kenapa alchohol? Yang biasa dipakai untuk antiseptik atau sebagai pelarut, tetapi fungsinya tidak cuma itu alcohol juga bisa untuk menghilangkan jamur pada lemari dijamin jamur langsung hilang. Caranya juga gampang banget dengan cara celupkan kain atau katun kering ke alcohol dengan kadar 70-80%. Setelah itu kalian dapat menyimpan kamper atau pewangi untuk mengatasi bau jamur yang masih berbekas.

Sirkulasi Udara

Selain itu, udara yang lembab dapat membuat jamur dapat berkembang dengan cepat. Cara lainnya untuk mengusir hawa yang lembab adalah dengan membuka jendela dan membiarkan udara pagi masuk. Dengan adanya sirkulasi udara yang baik, ruangan kalian tidak akan menjadi lembab, dan jangan lupa juga untuk membiarkan cahaya matahari masuk ke ruangan dan masuk ke lemari pakaian kalian yang akan memberikan efek segar.

Pewangi/Penyerap Lembab Lemari

Kalau cara diatas belum ampuh mungkin kalian harus memakai cara dengan menggunakan bahan kimia. Tapi tenang bahan kimia yang digunakan tidak berbahaya untuk tubuh melainkan bahan kimia seperti pengharum dan juga penyerap udara di ruangan. Kalian dapat membeli pengharum dan penyerap ruangan di toko-toko retail terdekat dengan ini lemari kalian selain bebas dari jamur juga akan wangi, pilihan rasanya juga banyak tergantung selera terfavorit pada saat ini adalah harum kopi yang bisa kalian jadikan opsi.

AC/Kipas

Hal yang satu ini cukup merogoh kocek kalian agak banyak tetapi AC atau kipas dapat membantu menghilangkan jamur pada ruangan. ac/kipas dapat menjaga suhu ruangan kalian dan dapat diatur sendiri dengan remot yang tersedia, jadi bila kondisi musim hujan sekarang ac sangat membantu untuk menjaga suhu ruangan dan kalian tidak perlu lagi membuka lemari kalian dipagi hari. AC juga dapat membuat ruangan menjadi nyaman dan dingin saat musim panas.

Menggunakan Lampu Neon

Pencahayaaan yang cukup dari matahari pagi atau lampu yang memang sudah ada di ruangan kalian mungkin dapat mencegah jamur yang muncul. Tetapi bagaimana dengan ruangan kalian yang tidak memiliki lampu atau pecahayaan yang bagus, jawabanya adalah lampu neon. Ruangan yang lembab memang pada dasarnya dihasilkan karena kurangnya cahaya yang masuk. Dengan adanya lampu neon yang kalian pasang di rumah akan mencegah tumbuhnya jamur yang akan mengganggu lemari pakaian.

Menggunakan Alas Lemari

Pencegahan memang lebih bagus dilakukan sebelum terjadi, ini adalah salah satu alat untuk mencegah lemari kalian berjamur, selain pencegahannya dengan membuka jendela kamar kalian, alas lemari seperti kayu yang dapat kalian letakkan di bawah lemari. Karena dengan demikian lantai yang dingin akan menyebabkan lemari menjadi lembab, apalagi lantai yang sering dibersihkan oleh kain pel yang dapat menyebabkan lemari menjadi lembab, dengan menggunakan alas pada bagian bawah lemari kemungkinan terjadinya kontak langsung dengan lain dapat diminimalisir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *