Pemisah ruangan atau sekat sangat dibutuhkan untuk memisahkan setiap ruangan. Umumnya, sebuah rumah dibangun tembok sebagai sekat pemisah antar ruangan. Selain pembangunan tembok atau dinding, pembagian ruangan juga bisa menggunakan partisi yang non permanen. Saat ini sudah ada berbagai ide partisi ruangan kreatif dan unik yang memiliki fungsi lebih dari sekadar pemisah ruangan. Pemanfaatan fungsi partisi ruangan juga bisa memaksimalkan desain interior sekaligus menjadi perabot yang memperindah hunian. Jika kamu memiliki hunian yang sempit, pemilihan partisi ruangan sangat penting agar ruangan tetap terlihat lebih luas dan tidak sumpek. Di bawah ini ada beberapa desain partisi ruangan minimalis yang bisa menjadi inspirasi untuk hunianmu. Pembagian ruangan yang paling sederhana dengan biaya yang relatif murah adalah dengan menggunakan tirai. Agar tidak membosankan, kita bisa membuat kreasi tirai dari untaian bambu kecil yang dirangkai atau benang yang menjuntai seperti gambar di atas. Biasanya tirai digunakan pada celah penghubung antar ruangan, kamar tidur, atau kamar mandi. Kamar tidur di atas penggunaan tirai putih transparan yang senada dengan sprei dan lantai membuat ruangan tersekat namun tetap terlihat luas.

Menggunakan partisi ruangan sebagai penyekat bukan berarti ruangan selalu terlihat lebih terbuka dan mengurangi privasi. Kamu bisa membatasi ruangan dengan material kaca tidak tembus pandang dan di desain menjadi pintu geser yang sewaktu-waktu bisa dibuka dan ditutup sesuai keinginanmu. Pembatasan ruangan dengan desain sliding door memudahkan kamu untuk tetap mendapat privasi penuh dengan partisi yang praktis dan elegan. Selain menggunakan material-material dari kayu, kaca, maupun besi, kamu juga bisa memaksimalkan fungsi furniture sebagai sekat antar ruangan. Beberapa furniture yg bisa dijadikan sekat ruangan diantaranya adalah rak dan meja bar. Penyekat ruangan portable juga bisa menjadi alternative ketika kamu ingin menyekat ruangan secara tidak permanen dan praktis. Desainnya yang ramping dan mudah dilipat membuat penyekat ini praktis dan mudah digunakan di sudut-sudut ruangan atau ruangan yang tidak membutuhkan banyak sekat. Jika ingin ruangan terlihat lebih luas, kamu bisa memanfaatkan dinding kaca transparan sebagai partisi ruangan. Umumnya dinding kaca diletakkan di salah satu sisi kamar ataupun bagian belakang yang menghadap taman atau kolam agar penghuni bisa menikmati pemandangan dari dalam rumah. Selain itu, dinding kaca juga cocok digunakan sebagai sekat di kamar mandi.

Di samping agar kamar mandi terlihat luas, pemanfaatan dinding kaca sebagai sekat juga memudahkan untuk membersihkan cipratan air atau busa dari aktivitas di dalam kamar mandi. Selain sebagai pemisah ruangan, partisi ruangan yang unik akan membantu menyempurnakan desain interior sebuah ruangan dan memperindah hunianmu. Simak beberapa desain partisi ruangan unik berikut. Potongan paralon juga bisa dimanfaatkan sebagai partisi ruangan yang unik dan artistik. Untuk memberikan kesan ruangan yang lebih terbuka, kamu bisa menggunakan potongan paralon berdiameter besar, sedangkan untuk ruangan yang tertutup, gunakan potongan paralon yang berdiameter lebih kecil. Penggunaan paralon ini bisa menjadi alternatif partisi ruangan yang unik dengan biaya terjangkau. Agar memiliki kesan alami, kamu bisa menggunakan batang bambu sebagai sekat antar ruangan. Pada gambar di atas, batang bambu disusun menjadi pagar yang rapi untuk partisi ruangan. Potongan bambu yang dihiasi lumut hijau membuat ruangan terlihat hidup dan memiliki kesan alami. Untuk memunculkan kesan artistic dan unik, batang bambu juga bisa disusun tak beraturan. Pada gambar di atas, batang bambu ditancapkan pada lanta tanah yang dihiasi batu ka berwarna putih di sepanjang sisi dinding kaca.

Untuk memberikan kesan elegan dan berkelas, kamu bisa menjadikan kisi-kisi kayu sebagai penyekat ruangan. Kisi-kisi kayu bisa disusun lurus sejajar atau menyamping. Agar terlihat semakin mewah, pewarnaan kisi-kisi kayu harus disesuaikan dengan perabotan di sekitarnya. Untuk memaksimalkan fungsi partisi, kisi-kisi kayu dalam ruangan ini juga dijadikan sebagai display televisi. Dominasi warna putih dengan laci berwarna soft pink membuat partisi di atas terlihat lucu, apalagi ditambah beberapa pajangan vas bunga berwarna warni. Ukiran kayu yang rumit bisa menjadi penyekat ruangan yang memiliki nilai estetika tinggi. Menyekat sebuah ruangan menggunakan ukiran kayu dapat memberikan kesan vintage dan unik pada sebuah ruangan. Tiang besi yang berjejer bisa menjadi alternatif penyekat ruangan yang mewah. Visualnya yang mengkilat membuat susunan besi menjadi daya tarik yang menonjol di dalam sebuah ruangan. Batagan besi dengan diameter yang lebih kecil juga bisa dimanfaatkan menjadi partisi ruangan yang dibentuk sesuai selera. Pada ruangan ini, batangan besi hitam dibentuk zig-zag dan di tengahnya ditambahkan papan kayu. Agar tidak kosong, di atas papan kayu tersebut terdapat pot tanaman dan beberapa pajangan.