Contoh Aplikasi RFID RC522

RFID (Radio Frequency Identification) atau Pengenal Frekuensi Radio adalah sebuah metode identifikasi dengan menggunakan sarana yang disebut label RFID atau transponder untuk menyimpan dan mengambil data jarak jauh. 

Label atau kartu RFID adalah sebuah benda yang bisa dipasang atau dimasukkan di dalam sebuah produk, hewan atau bahkan manusia dengan tujuan untuk identifikasi menggunakan gelombang radio. 

Label RFID berisi informasi yang disimpan secara elektronik dan dapat dibaca hingga beberapa meter jauhnya. Sistem pembaca RFID tidak memerlukan kontak langsung seperti sistem pembaca kode batang (barcode).

Penerapan RFID

Sebuah label RFID dapat ditempelkan ke sebuah objek dan digunakan untuk melacak dan mengelola inventaris, aset, orang, dan lain-lain. Sebagai contoh, label RFID bisa ditempelkan di mobil, peralatan komputer, buku-buku, ponsel, dan lain-lain.

RFID menawarkan keunggulan dibandingkan sistem manual atau penggunaan kode batang. Label dapat dibaca jika melewati dekat pembaca label, bahkan jika pembaca tertutup oleh objek atau tidak terlihat. 

Label dapat dibaca di dalam sebuah wadah, karton, kotak atau lainnya. Label RFID dapat membaca ratusan pada satu waktu, sedangkan kode batang hanya dapat dibaca satu per satu.

RFID dapat digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti:

  1. Manajemen Akses
  2. Pelacakan Barang
  3. Pengumpulan dan Pembayaran Toll Tanpa Kontak Langsung
  4. Mesin Pembaca Dokumen Berjalan
  5. Pelacakan Bagasi di Bandara

Contoh Penerapan RFID Sederhana

Banyak sekali penerapan RFID di dunia pada saat ini, salah satu contohnya di kampus – kampus di Indonesia sudah banyak menerapkan teknologi RFID berbasis IoT untuk keluar masuk parkiran yang berbasis RFID sampai berbelanja di kantin cukup membayar dengan saldo yang terdapat di Kartu tag RFID. Kita akan membuat penerapan sederhana dengan teknologi RFID seperti contoh diatas yaitu membuat smart token.

Pada penerapan ini kita membutuhkan komponen sebagai berikut :

Diagram koneksi
  1. Node MCU ESP8266
  2. RFID-RC522
  3. Kartu/tag RFID

Untuk Komponen – komponen diatas kalian bisa dapatkan di digiwarestore.com

Cara Pemrograman

Cara pemrogramannya sendiri cukup senderhana, ada dua fungsi RFID-RC522, yaitu sebagai Writer dan Reader

  1. Writer

RFID writer berfungsi untuk menuliskan saldo ke kartu/tag RFID.

Pemrogramannya bisa kalian ikutin langkah – langkahnya di link berikut

  1. Reader

RFID writer berfungsi untuk menuliskan saldo ke kartu/tag RFID.

Pemrogramannya bisa kalian ikutin langkah – langkahnya di link berikut

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/RFID

Selamat Mencoba!!!