Percaya atau tidak, membiasakan diri untuk menjaga kerapian di tempat kerja ternyata sangat penting untuk kelancaran karir Anda. Logikanya sederhana. Untuk menyiapkan pengembangan karir, Anda harus punya waktu untuk merencanakannya. Dan jika Anda ingin punya waktu untuk membuat perencanaan tersebut, tentunya tugas-tugas Anda di kantor harus terselesaikan dulu. Karena itu Anda harus mengorganisir pekerjaan. Nah, berikut ini lima caranya yang kami kutip dari How Stuff Works.

1.Bersihkan meja kerja
Hal pertama yang harus Anda lakukan agar pekerjaan di kantor terorganisir sebenarnya sederhana saja. Ya, bersihkan meja. Susun barang-barang Anda dengan rapi di atasnya. Pisahkan dokumen dalam susunan yang terklasifikasi agar Anda tidak kerepotan jika harus mencarinya lagi.

2.Mengatur waktu
Mengatur waktu dapat membantu dalam pekerjaan Anda. Tentukan rentang waktu untuk menyelesaikan masing-masing tugas yang Anda hadapi. Buatlah deadline-deadline kecil. Menyimpan jadwal meeting, tenggat waktu, dan tugas yang baru Anda terima secara lisan juga akan sangat berguna agar tak ada pekerjaan yang terlewat.

3.Lakukan pekerjaan satu per satu
Anda mungkin pernah mendengar ada karyawan yang bisa melakukan beberapa pekerjaan sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Memang bagus kalau ada orang yang bisa melakukan hal seperti itu. Tetapi kenyataannya tidak semua orang bisa melakukan itu. Daripada memaksakan diri mengerjakan dua atau tiga pekerjaan bersamaan tetapi hasilnya berantakan, lebih baik kerjakan tugas Anda satu per satu. Buatlah target waktu berapa lama yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu pekerjaan.

4.Jadikan tempat kerja nyaman
Buatlah suasana di sekitar meja atau cubicle Anda terasa nyaman. Jika sudut yang Anda tempati terlalu gelap, tak ada salahnya menambahkan lampu meja. Letakkan juga foto-foto orang terkasih di dekat komputer atau barang-barang kesukaan di atas meja agar Anda merasa bersemangat saat bekerja. Intinya, ciptakan suasana yang membuat Anda betah.

5.Buatlah target yang realistis
Membuat target untuk dicapai memang bagus untuk membuat Anda bersemangat dalam mengerjakan tugas, juga untuk mencegah Anda terlambat menyelesaikan pekerjaan. Tetapi ingat, jangan membuat target yang terlalu berlebihan. Buatlah target pencapaian yang Anda tahu pasti bisa dicapai.