Promosi produk melalui platform media sosial ini dianggap cukup efektif menjangkau calon pelanggan dengan mudah.
Namun, apakah Anda sudah melakukannya dengan benar? Atau, apakah Anda menggunakan satu platform saja dan ternyata belum mendapatkan hasil maksimal?
Nah, di artikel berikut, kami akan mengajak Anda untuk belajar social media marketing dengan berbagai platform yang berbeda.
Mari mulai dengan pengertian Social Media Marketing dulu.
Apa itu Social Media Marketing?
Social media marketing adalah sebuah strategi marketing dengan menggunakan media sosial sebagai platform dalam melakukannya. Banyak jenis konten yang bisa diupload melalui sosial media, seperti konten untuk informasi umum, panduan, hingga penawaran produk. Social media marketing juga bisa dilakukan dengan gratis ataupun menggunakan iklan berbayar.
Pada prakteknya, upaya social marketing sering digunakan bersamaan dengan upaya digital marketing lainnya. Contohnya, penggunaan blog, email dan lainnya.
Karena platform media sosial cukup banyak, pemilihan platform yang tepat sesuai bisnis Anda merupakan salah satu kunci kesuksesan strategi pemasaran ini.
Oh ya, sebelum masuk ke berbagai strategi social media marketing, ada baiknya Anda melakukan riset untuk mendukung upaya Anda dan belajar social media marketing terlebih dahulu.
Caranya bagaimana? Mulailah dengan potensi media sosial di Indonesia.
Data dari WeAreSocial, 160 juta orang Indonesia adalah pengguna media sosial aktif. Dari jumlah tersebut, pengguna terbanyak adalah usia 25-24 tahun. Ini tentu menjadi informasi penting bagi Anda yang menyasar target pasar usia tertentu.
Saat ini, Facebook masih menjadi platform media sosial yang paling populer. Dan, Whatsapp merupakan aplikasi berkirim pesan yang umum digunakan. Dengan mengetahui data ini, Anda bisa menerapkan upaya yang sesuai dengan strategi bisnis Anda.
Selain itu, perlu diingat bahwa 99% akses media sosial tersebut dilakukan melalui perangkat mobile. Jadi, sesuaikan konten promosi Anda agar mobile friendly.
Jenis Media Sosial Terbaik yang Bisa Anda Manfaatkan
Lalu, media sosial mana yang terbaik dan paling cocok untuk bisnis Anda? Temukan infonya di bawah ini!
1. Facebook
Pengguna Aktif Bulanan: 2,7 miliar pengguna
Demografi Terbesar: 25-34 tahun
Gender: 56% laki-laki, 44% perempuan
Tak bisa dipungkiri bahwa Facebook adalah media sosial terbesar di dunia. Bahkan, tak hanya individu saja yang berbondong-bondong menggunakan Facebook, tapi ada 65 juta bisnis yang memanfaatkan Facebook Page untuk mempromosikan bisnisnya.
2. YouTube
Pengguna Aktif Bulanan: 2 miliar pengguna
Demografi Terbesar: 15-25 tahun
Gender: 72% laki-laki, 72% perempuan
YouTube merupakan media sosial terbaik untuk menjalankan video marketing. Bagaimana tidak? Ada sekitar satu miliar jam video yang ditonton setiap harinya di YouTube. Maka dari itu, sudah banyak bisnis yang membuat channel di YouTube dan rutin upload video yang relevan.
3. Instagram
Pengguna Aktif Bulanan: 1 miliar
Demografi Terbesar: 25-34 tahun
Gender: 43% laki-laki, 57% perempuan
Instagram memiliki segudang fitur menarik yang bisa Anda manfaatkan untuk promosi secara cuma-cuma. Sebut saja Stories, Instagram Live, dan IGTV. Selain itu, ada juga fitur akun bisnis yang memberikan analisis lengkap tentang performa akun bisnis Anda.
4. Twitter
Pengguna Aktif Bulanan: 330 juta
Demografi Terbesar: 30-49 tahun
Gender: 68% laki-laki, 32% perempuan
Twitter berfokus pada konten atau informasi secara real-time. Sehingga menjadi tempat untuk berbagi berita dan hiburan terbaru di seluruh penjuru dunia. Alhasil, pergerakan di Twitter sangatlah cepat. Sangat cocok bagi bisnis yang rutin memproduksi konten.
5. TikTok
Pengguna Aktif Bulanan: 689 juta
Demografi Terbesar: 18-24 tahun
Gender: 41% laki-laki, 59% perempuan
TikTok adalah media sosial berbagi video pendek yang penggunanya meningkat drastis beberapa tahun belakangan. Utamanya bagi anak-anak muda Generasi Z. Sehingga sangat cocok bagi Anda yang target pasarnya adalah anak-anak muda.
6. LinkedIn
Pengguna Aktif Bulanan: 738 juta
Demografi Terbesar: 46-55
Gender: 51% laki-laki, 49% perempuan
LinkedIn adalah media sosial untuk para pekerja dan profesional di bidangnya. Maka dari itu, demografi terbesar merupakan pengguna dengan umur 40 tahun ke atas. Alhasil, LinkedIn sangat cocok untuk mencari konsumen apabila bisnis Anda bergerak di B2B.
7. Pinterest
Pengguna Aktif Bulanan: 400 juta
Demografi Terbesar: 30-49 tahun
Gender: 22% laki-laki, 78% perempuan
Bisa dikatakan Pinterest adalah papan digital dimana Anda bisa “menempel” gambar, video, hingga gif sekalipun di akun Anda. Jadi, media sosial ini sangatlah cocok untuk mempromosikan produk-produk Anda dengan foto yang mencolok. Apalagi jika target pasar Anda adalah perempuan.
8. Snapchat
Pengguna Aktif Bulanan: 287 juta
Demografi Terbesar: 13-34
Gender: 40% laki-laki, 58% perempuan
Snapchat bisa dikatakan media sosial yang unik. Kenapa? Sebab, interaksi di Snapchat menggunakan video pendek, alih-alih teks seperti media sosial lainnya. Snapchat umumnya digunakan bisnis untuk membangun brand awareness pada anak-anak muda.
Harga Sosial Media Marketing Solution BIDS
NO | SERVICES | BASIC | MEDIUM | ENTERPRISE |
1. | Youtube Video Content /Month | 2 Content | 8 Content | 12 Content |
2. | Instagram Video Short Content /Month | 4 Content | 10 Content | 16 Content |
3. | TikTok Video Short Content /Month | 4 Content | 10 Content | 16 Content |
4. | Instagram Followers Growth/Month | 50 Followers | 250 Followers | 500 Followers |
5. | TikTok Followers Growth/Month | 50 Followers | 250 Followers | 500 Followers |
6. | Facebook Page Content Posting/Month | 4 Posting | 6 Postin | 10 Posting |
7. | Facebook Page Followers Growth/Month | 100 Followers | 300 Followers | 1000 Followers |
8. | Content Article Marketing | 2 Article | 4 Article | 10 Article |
9. | Distribution Blog Content Article Marketing | 4 Blog Site | 10 Blog Site | 25 Blog Site |
10. | Dashboard Monitoring Report | Yes | Yes | Yes |
11. | Desain Content Sosial Media | Include | Include | Include |
PRICES PER MONTH | IDR 14.000.000 | IDR 31.000.000 | IDR 48.000.000 |