Cara praktis untuk mengatur tata letak meja ruang kerja adalah dengan menggunakan Metode Ba Zhai (Delapan Gedung). Teknik ini secara sederhana membagi orang dalam dua Kelompok Gua/Kua, yaitu Kua Barat dan Kua Timur.

Mereka yang memiliki Kua Barat akan baik bekerja dengan sandaran duduk ke arah Barat, Barat Laut, Barat Daya, dan Timur Laut. Mereka yang memiliki Kua Timur akan baik bekerja dengan sandaran duduk ke arah Utara, Selatan, Timur, dan Barat.

Angka Kua Kelompok Timur adalah: 1, 3, 4, dan 9.

Angka Kua Kelompok Barat adalah: 2, 5, 6, 7, dan 8.

Bagaimana mengetahui seseorang itu termasuk dalam kelompok Kua Timur atau Barat?

Caranya dengan rumus sederhana:

Untuk Pria: (10 – X = Kua)

Contoh: Bapak Z adalah Pria dengan tahun lahir 1953, dihitung : {10 – (5 + 3)} = 10 – 8 = 2; berarti angka Kua= 2.

Untuk WANITA : (5 + X) = Kua

Contoh: Ibu Z dengan tahun lahir 1977, dihitung sebagai berikut : {5 + (7+7)} = {5 + (14 = 1 + 4 = 5)} = 10 = 1 + 0 – 1. Berarti angka Kua = 1.

Catatan: ‘X’ adalah dua angka tahun lahir dijumlahkan menjadi satu angka. Angka Kua harus satu digit. Jadi jika hasilnya lebih dari 9, maka dijumlahkan lagi sampai mencapai satu digit.

Setelah mengetahui Kelompok Kua Barat atau Timur, barulah kita tempatkan mereka dalam ruangan. Selain arah sandaran duduk, perhatikan juga sektor dimana seseorang ditempatkan. Artinya, selain arah sandaran duduknya benar, posisi sektornya juga harus benar.

Penerapan

dimana sang pemilik perusahaan hendak menempatkan karyawan pada posisi feng shui yang benar. Pertama, ruangan dibagi menjadi delapan sektor, sehingga terlihat posisi setiap meja kerja.

Dalam contoh ini, ruangan memiliki dua pintu yang keduanya menghadap ke Selatan. Pintu yang terletak di sebelah kiri, berada di sektor Tenggara, sedangkan pintu di kanan berada di sektor Barat. Posisi kursi duduk diatur hanya mengarah ke Utara dan Selatan, artinya hanya cocok dengan mereka yang memiliki kelompok Kua Timur.

Bagaimana jika diantara pekerja dalam kantor ini ada yang memiliki kelompok Kua Barat?  Tentu saja dalam contoh di atas tidak memiliki tempat yang tepat. Oleh karena itu, jika individu tersebut dipandang penting dalam posisi perusahaan, maka sebaiknya ia memiliki tempat duduk di sektor yang benar dengan arah sandaran duduk yang benar pula. Alhasil, berikut ini adalah bagaimana pemecahan dari persoalan di atas:

terlihat ada meja kerja yang diserongkan dengan arah sandaran duduk ke Barat Daya yang cocok untuk mereka yang memiliki kelompok Kua Barat.