1. Jangan jadikan kebiasaan.

Jika Anda makan siang di meja setiap hari, dan membiarkan hal itu, Anda akan rugi. Istirahat makan siang adalah waktunya untuk bergerak, membuat otot bekerja dan memompa darah. Selain itu, inilah waktu yang tepat untuk menenangkan pikiran sejenak dari kejenuhan bekerja.

Namun, jika tidak bisa dihindari, sediakan waktu untuk menjauh dari meja kerja. Caranya, Anda bisa makan di pantry atau di taman dekat kantor.

  1. Hindari terima telepon saat makan

Bayangkan saat Anda menelepon seseorang yang ditelepon, namun sedang mengunyah, tentu akan terdengar mengganggu dan membuat risih. Inilah hal yang harus Anda pikirkan.

Jika Anda sedang makan dan ada telepon, lebih baik tekan tombol tunda atau matikan telepon Anda sejenak.

  1. Usahakan meja kerja tetap rapi usai makan

Jika kerap makan di meja kerja, sudah pasti meja menjadi kotor oleh remah-remah makanan. Hal tersebut akan menjadi sarang bakteri. Cek bagian bawah keyboard komputer Anda, atau remah-remah makanan yang tersisa. Biasakan untuk mengelap meja setiap hari, terutama setelah makan.

Jangan membuang sampah ke dalam keranjang pribadi Anda, tetapi buang ke tong sampah di dapur kantor. Jangan sampai ada bekas makanan di dekat meja Anda ketika telah selesai makan.

  1. Makan di waktu yang tepat.

Jika Anda memiliki kebiasaan makan siang pukul 16.00, pertimbangkan kembali. Anda harus membiasakan makan siang di waktu yang normal. Makan siang di meja dapat sedikit menimbulkan kecanggungan pada semua orang di sekitar. Ketika Anda mengatur waktu makan sama dengan yang lain, orang sekitar tidak akan terganggu oleh suara Anda saat mengunyah.