Bingung saat mengatur furniture di rumah baru? Bagaimana meletakkannya dengan tepat sehingga memberikan kenyamanan? Berikut tips yang bisa Anda terapkan:

Tentukan fungsi tiap ruang Sebagai langkah awal, tentukan lebih dulu fungsi dari tiap ruang yang akan Anda rancang. Siapa yang menggunakan ruangan, berapa banyak yang beraktivitas di dalamnya juga perlu diperhitungkan. Hal ini berguna untuk menentukan furniture apa saja yang dibutuhkan dalam ruangan tersebut.

Menentukan “focal point” Focal point dalam setiap ruang bisa macam macam. Contohnya televisi, lukisan, cermin, atau jendela dengan pemandangan taman. Focal point adalah televisi dalam ruang tersebut, maka atur jarak ideal antara televisi dan tempat duduk seperti sofa. Atur pula kenyamanan di sekitar tempat duduk.

Posisikan furniture besar Untuk memudahkan pengaturan ruang, dahulukan posisi furniture dengan ukuran lebih besar. Di kamar tidur, biasanya furnitur paling besar adalah tempat tidur. Kalau di ruang tamu biasanya sofa.

Perhatikan Jalur Sirkulasi Jangan mengabaikan jalur sirkulasi lalu lintas orang berjalan. Ini berlaku terutama untuk ruang dengan posisi berada di tengah, contohnya ruang keluarga. Usahakan agar orang yang hendak melintasi ruangan akan melewati bagian tepi dari seperangkat sofa dan meja, bukan memotong di tengahnya. Bila jalurnya tak bisa diubah sehingga orang terpaksa memotong di tengah, ada baiknya Anda membuat dua area duduk lebih kecil.

Atur posisi meja Untuk furniture meja, letakkan pada posisi terjangkau oleh kursi dari manapun. Namun, tetap perhatikan jarak idealnya yaitu 35 45 sentimeter dari sofa. Fungsinya, agar tetap ada ruang cukup untuk kaki menapak sehingga orang dapat duduk dengan nyaman.

Beri jarak aman Perhatikan pula jarak antar furniture juga dengan dinding. Misalnya jarak ideal di ruang makan antara bagian tepi meja dengan dinding atau dengan furniture lainnya adalah 1,2 meter. Sedangkan untuk kamar tidur, jarak ideal antara tempat tidur dengan dinding kira kira 60 sentimeter.

Hindari menempel pada dinding Untuk ruangan yang sangat kecil, Anda boleh menempatkan furniture pada dinding. Namun, bila ruangan luas, berilah jarak antara furniture dengan dinding. Hal ini bertujuan agar selain sebagai jalur sirkulasi, furniture yang terpusat akan memberi kesan lega pada ruang.