Tips Menghilangkan Bau Lemari Kayu

Lemari merupakan perabotan yang penting, apalagi untuk menyimpan pakaian kesayangan. Kalian pernah beli lemari baru dan baunya menyengat? Terganggu dengan bau yang ditimbulkan oleh kayu yang baru? Terkadang bau tersebut dapat menyebabkan baju favorit kalian tercemar, dan juga mengganggu indra penciuman. Berikut adalah tips agar kalian dapat langsung memakai lemari baru tanpa mencemari pakaian tersayang.

Kebersihan

Kebersihan lemari sangat penting untuk menjaga agar tidak menimbulkan bau yang menyengat, ada yang berpendapat bahwa lemari kayu sebaiknya tidak dibersihkan dengan kain basah. Tetapi saat lemari baru dibeli tidak menutup kemungkinan masih tersisa bekas  finishing dan juga debu yang menempel saat pengiriman dilakukan, jangan lupa untuk menyiapkan lap kering untuk membersihkan sisa air dan mengeringkannya dengan sempurna.

Sirkulasi

Sirkulasi sangat penting untuk menghilangkan bau lemari yang menyengat saat pertama kali datang ke rumah kalian. Saat berada di toko tidak menutup kemungkinan lemari jarang dibuka dan bau-bau bekas finishing juga mengendap. Dengan membuka lemari dan memberikan sirkulasi dapat mengurangi bau secara alami.

Source : perryslemonmyrtle.net.au

Pengharum

Ada beberapa opsi pengharum yang bisa kalian pakai, mulai dari yang kimia maupun yang alami. Sabun batang yang biasa digunakan untuk mandi dapat membantu menghilangkan bau yang tidak sedap, caranya dengan memotong sedikit bagian sabun dan meletakkan disudut-sudut, dengan ini bau alami kayu akan hilang dengan sendirinya. Opsi lain dengan menggunakan kamper/pengharum ruangan biasa.

Kopi

Sudah bukan rahasia umum bahwa bau kopi dapat menghilangkan bau dalam ruangan, dalam mobil, dan bahkan di dalam lemari pakaian baru kalian. Dengan menggunakan wadah yang berisi kopi (usahakan menggunakan kopi hitam) dan kalian dapat langsung meletakkan wadah tersebut di dalam sudut-sudut lemari. Setelah itu tutup lemari selama 24 – 48jam, ketika kalian membuka lemari akan tercium bau segar dari aroma khas kopi.

Bunga

Selain kopi aroma khas alami lainnya juga dapat kalian temui ditumbuh-tumbuhan lebih tepatnya bunga. Kalian dapat menggunakan bunga matahari atau bunga melati, meskipun baunya tidak terlalu kuat tapi bau alami bunga dapat mengurangi bau khas kayu yang mengganggu.

Letak

Mungkin kalian tidak mengetahui bahwa penempatan posisi lemari yang salah adalah salah satu faktor timbulnya bau tak sedap. Seperti peletakkan lemari pada pojok kamar atau di dekat kamar mandi yang menghambat sirkulasi udara, letakkan lemari pada posisi yang memiliki sirkulasi udara seperti di dekat jendela.