Lihat situasinya

Periksa bagian bawah meja Anda dengan senter, apakah semrawutnya masuk kategori ringan, sedang atau berat?

Kategorikan situasinya

  • Ringan

Berarti Anda karyawan baru atau seorang yang sangat pembersih. Biasanya tidak perlu waktu lama untuk merapikannya, paling cuma perlu sapu dan sedikit cable ties. Percayalah, orang pembersih pasti selalu beruntung. Kalau saat itu lagi kerjabakti khusus masing2 meja kerja pasti dia duluan yang selesai lebih dulu 😀

  • Sedang

Anda mungkin sudah bekerja lebih dari 1 tahun disana dan baru kali ini akan melakukan perapihan meja kerja. Kurang lebih, perlu waktu lebih lama dari kategori ringan dan tambahan cable ties serta lap basah.

  • Berat

Anda adalah karyawan ke sekian kalinya yang menempati meja tersebut. Mungkin sudah lebih dari 5 tahun area bawah meja kerja belum pernah dibersihkan selain orang IT jika ada masalah. Sayangnya orang IT nya juga pasti telah berganti-ganti sehingga pasti malas ngurusin semua kabel-kabel dibawah, he3x

  • Penanganan Kategori Ringan & Sedang

Pada kedua kategori ini pasti tidak terlalu banyak masalah dalam proses merapikan kabel di meja. Anda sendiripun bisa membersihkannya. Saran kami, gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan sampah & debu kemudian gunakan lap basah (ex. Kanebo) untuk pembersihan finalnya. Saat merapikan kabel, gunakan cable ties berwarna putih dan posisikan agar terlihat+mudah dijangkau oleh Anda atau teknisi IT. Jangan sampai nanti menyulitkan saat membukanya kembali.

  • Penanganan Kategori Berat

Lobang kabel

Periksa apakah sudah ada lobang kabel khusus di atas meja, biasanya ada aksesoris khusus yg terbuat dari plastic (gourmet) yang menjadi bagian dari meja. Jadi semua kabel dari atas meja melalui lubang ini untuk ke bawah meja. Jika belum ada, gunakan bor dan mata bor khusus segera buat lobang pada meja Anda

Isolasi Kertas dan Cable Ties

Tata kembali semua kabel dibawah meja dengan mengurainya satu persatu, jangan lepas sekaligus. Untuk merapikan kabel di meja anda bisa merekatkan sedikit isolasi kertas agar dapat menuliskan keterangan kabel tersebut, jika ada beberapa kabel terkait dengan keterangan tersebut gunakan kabel tis untuk menggabungkannya.

Grounding

Pastikan ke teknisi listrik bahwa instalasi sistem kelistrikan sudah sesuai SOP PLN. Seringkali kami menemui beberapa bagian PC atau printer yang ada strum-nya. Sudah selayaknya kantor memiliki grounding yang tepat untuk mengamankan semua peralatan yang menggunakan listrik.

Stop Kontak

Nah ini penting terkait masalah merapikan kabel di meja. Kadang banyak sekali colokan ada dibawah meja, padahal sangat berbahaya jika membiarkan hal ini terjadi. Jika Anda butuh banyak colokan di meja kerja mending gunakan terminal kuningan dengan port colokan yang banyak, gunakan cukup satu saja tiap meja kerja.

Hindarkan kabel

Jangan sampai kabel menempel pada lantai. Gunakan klem kabel dan pasang terminal/stop kontak pada bagian atas bawah meja, jauhkan dari kaki penggunanya. Ini juga untuk mengamankan agar mobilisasi kaki dibawah meja tidak mengganggu kabel.

Kabel yang tidak terpakai

Biasanya kabel USB untuk HP yang seringkali kami lihat selalu terpasang atau kadang ada juga kabel yang sebenarnya sudah tidak terpakai tapi masih ada dibawah meja. Singkirkan kabel seperti ini untuk efisiensi penataan kabel Anda. Pada sistem instalasi listrik tanpa grounding, kabel yang tercolok tapi tidak digunakan juga bisa menyetrum penggunanya.

Periksa semua kabel

Hati-hati dengan tikus yang suka menggigit kabel-kabel Anda, segera ganti kabel jika ada yang terlihat rusak.

Pembersihan

Setelah semua kabel beres pasti terlihat lebih lega bukan pada lantainya? Nah, lanjutkan dengan vacuum untuk membersihkan semua sampahnya.