Didalam sebuah gedung perkantoran, tentu terdapat berbagai perabotan yang berfungsi untuk menunjang para karyawan dalam bekerja. Perabotan yang ada pada ruangan kantor umumnya berbeda dengan perabotan pada rumah. Salah satunya adalah partisi kantor yang ditemui pada hampir semua ruangan kantor.

Partisi kantor memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga konsentrasi para karyawan dalam bekerja sekaligus menjaga privasi mereka. Oleh karena itu, ada baiknya partisi kantor dijaga agar dapat bertahan lama melalui berbagai tips berikut ini.

  • Bersihkan Secara Berkala

Salah satu cara agar partisi kantor Anda dapat bertahan lama adalah dengan membersihkannya secara berkala. Membersihkan partisi kerap kali dianggap sepele, mengingat partisi hanya merupakan sekat yang berfungsi untuk menjaga privasi. Padahal, jika tidak dibersihkan, partisi bisa menjadi kotor dan mudah rusak. Kerusakan dapat terjadi karena kotoran yang ada akan menggerogoti partisi hingga membuatnya menjadi rusak.

Sebagai contoh, ketika Anda menggunakan partisi kantor dengan material kayu, maka sebaiknya Anda membersihkan partisi tersebut secara berkala. Pembersihan material kayu secara berkala dapat membuat memperpanjang umur partisi tersebut. Hasilnya, partisi kantor di gedung tempat Anda bekerja akan bertahan lama dan mengurangi pengeluaran untuk membeli partisi baru.

  • Jangan Bebani Partisi dengan Benda Berat

Tips berikutnya untuk membuat partisi kantor bertahan lama adalah dengan memperhatikan beban yang ditopang partisi tersebut. Ya, partisi memang hanya merupakan sekat antar ruang yang bertujuan untuk menjaga privasi, namun bukan berarti partisi tidak dibebani beban berat dalam penerapannya. Padahal, beban berat yang membebani partisi dapat membuatnya tidak bertahan lama alias cepat rusak.

Sebagai contoh, sebuah partisi pada workstation biasanya akan ditempelkan berbagai macam benda hiasan. Hal tersebut memang wajar, namun bisa berdampak buruk jika dilakukan terlalu sering, karena akan membuat partisi kantor menjadi tidak bertahan lama.

Selain itu juga, jangan sandarkan benda dengan beban yang berat pada partisi kantor yang berasal dari material kaca. Karena, material kaca cenderung mudah pecah dan akan cepat rusak jika Anda membebaninya dengan beban berat sebagai sandaran.