Warehouse management system merupakan sebuah platform yang berfungsi untuk mempermudah pengelolaan barang di dalam gudang. Singkatnya, ada keterlibatan ‘teknologi’ dalam mengatur barang di gudang sehingga semuanya menjadi lebih mudah, cepat dan efisien.

Sebagai salah satu platform bisnis terkemuka di Indonesia, BIDS.ID tentunya mempunyai sistem WMS ini. Dengan WMS BIDS.ID, pengelolaan stok inbound dan outbound tentunya akan lebih mudah. Manfaat lainnya yang tidak bisa dilakukan oleh Sistem Manajemen Gudang lainnya adalah sinkronisasi stok ke dalam marketplace.

Singkatnya, WMS BIDS.ID akan terkoneksi dengan stok barang di semua marketplace sehingga pada saat penjualan, stok akan berkurang. Di sisi lain, ketika ada barang datang dari supplier, maka stok akan bertambah. Lantas, apalagi si fungsi dari Warehouse Management System yang bisa dinikmati para pebisnis di Indonesia?


Fungsi Warehouse Management System

Terdapat beberapa fungsi dari WMS yang bisa kamu dapatkan jika menggunakannya dalam kegiatan bisnis sehari-hari yaitu:

Putaway, Picking, Packing dan Shipping

Aktivitas yang paling penting di dalam WMS, tentunya adalah alur proses ketika barang baru sampai dari supplier hingga ketika order terjadi. Ada beberapa istilah yang cukup populer dalam alur ini yaitu Putaway, Picking, Packing dan Shipping.

Putaway: Proses penempatan barang di gudang, biasanya akan disusun di dalam rak-rak tertentu.
Picking: Proses pengambilan barang di gudang, biasanya akan diambil ketika ada orderan ataupun transfer.
Packing: Proses pengemasan barang, biasanya akan dilakukan ketika barang sudah dipicking.
Shipping: Proses pengiriman barang, dilakukan apabila barang sudah siap dikirim ke pelanggan.

Dengan WMS, semua proses tersebut dapat dilakukan sebab semua prosesnya melibatkan penggunaan teknologi. Sebagai contoh, pada saat melakukan putaway, sistem WMS BIDS.ID di smartphone akan menunjukkan arah gudang tempat barang tersebut harus ditaruh.

Selain itu, BIDS.ID juga memastikan sistem scanning barcode, serial number dan batch number dapat dilakukan melalui smartphone. Dengan begitu, proses akan menjadi lebih hemat waktu.

Pembuatan layout gudang

Semakin banyak barang yang akan distok, maka semakin besar pula gudang yang diperlukan untuk memenuhi kapasitas pesanan. Namun semakin besar sebuah gudang, maka semakin besar pula peluang staff gudang salah dalam menempatkan sebuah barang. Atau, butuh waktu lama bagi mereka menemukan tumpukan rak yang dicari.

Untuk itu, BIDS.ID WMS bisa membantu membuatkan layout gudang di dalam dashboard. Dengan tampilan visual yang bisa diakses melalui gadget, staff gudang akan semakin mudah dalam menemukan rak yang dicari. Waktu pemuatan barang juga akan menjadi lebih cepat.

Pelacakan stok lebih akurat

Salah satu tujuan dari penggunaan sistem gudang ini adalah agar pelacakan stok ketika masuk dan keluar menjadi lebih visible.

Sebab, dengan WMS, riwayat proses barang masuk dan keluar akan terlihat dengan jelas. Bahkan, staff gudang juga bisa mengetahui jumlah stok barang yang datang pada tanggal berapa. Sebab, biasanya WMS akan menggunakan metofe FEFO (First Expired, First Out).

Tujuannya adalah agar barang dengan masa kadaluarsa tercepat akan dijual terlebih dahulu. Dengan begini, maka kans kerugian dapat diminimalisir oleh pihak staff gudang serta meningkatkan profit bagi perusahaan.

Itu dia beberapa fungsi dari Warehouse Management System. Masih ada banyak sekali hal yang bisa didapatkan jika bisnismu menggunakan WMS ini. Jika ingin tanya bagaimana cara sistem tersebut di BIDS.ID bekerja, silahkan klik tombol di bawah ini.